Menu
RSS
Banner Top Pendidikan

Matematika Bela Negara Dalam Rangka Menjadikan Papua Tanah Damai

Matematika Bela Negara Dalam Rangka Menjadikan Papua Tanah Damai

Bogorplus.com – Permainan Matematika Bela Negara telah mulai disosialisasikan di Papua. Salah satu pengenalan permainan yang diciptakan oleh Ir. Raden Ridwan Hasan Saputra M.Si (Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA/KPM), Kolonel Inf. Muhammad Nur Rahmad dan Letkol Arh. Ir. Maryono M.Si, dilakukan di SMP Negeri 8 Koya Barat, Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Pengenalan permainan ini dilakukan dalam rangka Menjadikan Papua Tanah Damai. Sekitar 300 orang tamu undangan dan murid yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini diikoordinatori oleh kader pemuda dari Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (GEMAPI), Pilatus Netep.

Pada kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis (7/1), juga tampak hadir Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia (BMP-RI) Papua, yang merupakan Tokoh Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera), Bapak Ramses Ohee. Selain itu pula hadir Kapolsek Muara Tami, Kompol Arnold Korowa, SH, Danramil Muara Tami, Lettu. Inf. Suardi Kadir dan sebagai tuan rumah Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Koya Barat, Bapak Rasyid Kamaru, S.Pd, serta awak media cetak dan elektronik.

Acara dibuka dengan berdo’a bersama yang dipimpin Ibu Alwina Mangure, S.Pd, yang dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dalam sambutan pembukaan, Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Koya Barat, Bapak Rasyid Kamaru, S.Pd, menyampaikan bahwa, “Kami merasa bangga dan senang atas kehadiran rekan-rekan aparat TNI dan Polri, terutama juga tokoh sejarah Bapak Ramses Ohee yang menyempatkan untuk hadir di sekolah kami ini. Kami berharap dengan kegiatan ini, anak-anak murid akan tertanam rasa kecintaan yang dalam terhadap NKRI mulai dari taraf sekarang sampai mereka akan menjadi orang sukses nantinya,” ungkapnya bangga.

Rasa bangga dan syukur juga terungkap dari Ketua BMP-RI Papua yang merupakan Tokoh Pepera, Bapak Ramses Ohee. “Saya merasa sangat senang dan sangat berterima kasih atas undangan dari panitia untuk hadir ditengah-tengah tamu undangan dan anak-anak serta cucu-cucu sekalian sebab ini baru pertama kali saya Ketua BMP-RI Papua memberikan Permainan Matematika Bela Negara kepada anak-anak, Kepala Sekolah, Kapolsek dan Danramil Muara Tami,” ungkapnya.

Bapak Ramses Ohee, juga menyatakan bahwa motivasinya adalah semata untuk berbagi pengalaman seraya menanamkan rasa kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Ia berharap juga ada timbul kecintaan melalui cerita sejarah-sejarah perjuangan bangsa Papua-Indonesia yang ia sendiri alami, baik yang ia rasakan ketika melihat orang-orang tua sampai dengan ia sendiri benar-benar alami agar tercipta rasa cinta tanah air, rasa memiliki dan rasa pengabdian, guna Menjadikan Papua Tanah Damai.

Menutup sambutannya, Bapak Ramses Ohee menyampaikan,”Agar kita semua, Kepala Sekolah, Para Guru dan anak-anak murid sekalian sebagai penerus kami ini, harus mempertahankan jiwa nasionallisme NKRI Harga Mati sampai kapanpun dan apapun itu yang dapat mengancam keutuhan NKRI tetapi kita tetap terus bersatu dalam Persatuan Indonesia untuk demi tegaknya keutuhan NKRI,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, Pilatus Netep dari GEMAPI menyampaikan materi tentang Permainan Matematika Bela Negara, “Materi ini sama halnya permainan ular tangga dan monopoli tetapi konsepnya mengenai pilar-pilar negara baik Pancasila dan UUD 1945. Di tanah Papua, kali inilah permainan ini pertama kali diluncurkan, sehingga kita harus bangga. Permainan ini akan kami bagian kepada seluruh siswa siswi untuk dimainkan di rumah nantinya bersama saudara, orang tua dan tetangga di lingkungan sekitar

Setelah berlangsung penyerahan beberapa permainan, dan simulasinya, kegiatan ini kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. 

Oleh: Bogorplus.com

back to top