Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

6.602 Pelajar Bersaing dalam International Kangaroo Mathematics Contest

Bogorplus.com, Bogor-Jawa Barat – Sebanyak 6.602 pelajar mengikuti International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC), Minggu 21 Juni 2020. Acara yang terbagi dalam beberapa sesi ini diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berbasis daring (online).

International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) adalah sebuah kompetisi matematika Internasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991 oleh Association Kangourou Sans Frontières yang diikuti lebih dari 92 negara. Pada tahun 2020 ini KPM telah dipercaya sebagai penyelenggara tunggal di Indonesia.

Kepala Divisi Lomba, Muchammad Fachri mengatakan, meskipun di masa pandemi Covid-19, semangat pelajar untuk mengasah kemampuan dan mengukir prestasi tak boleh padam. Terlebih, Indonesia masih menyimpan bibit-bibit potensial di bidang Matematika.

“Semoga hadirnya IKMC Online ini dapat semakin menumbuhkan kecintaan terhadap mata pelajaran Matematika serta mengajak para siswa untuk belajar mengenai nilai-nilai pantang menyerah, jujur, dan menjunjung tinggi sportivitas,” kata Fachri dalam siaran pers.

Meskipun diselenggarakan secara online, perhelatan IKMC tetap disambut antusias salah satu peserta, Aurelia Auma Nufaiza. “Saya sangat senang bisa mengikuti lomba KPM lagi. Meskipun dengan sistem online gak menyurutkan niat saya untuk berusaha,” kata Aurelia.

Siswi kelas 5 SD Hang Tuah 1 Surabaya ini mengaku soal IKMC ini lebih menantang karena mengandalkan logika dan nalar bukan cuma hitungan saja. “Alhamdulillah selama tes berlangsung berjalan lancar tidak ada kendala,” pungkas Aurelia melalui Direct Message Instagram KPM Seikhlasnya.

Sementara itu, menurut Nabil Athadaffa Muliawan, siswa kelas 5 SDI Al Azhar 2 Pasar Minggu ini mengaku bersyukur sangat terbantu dengan adanya pembinaan sebelum kompetisi. “Ketika pelatihan dan pembahasan, soal sudah dilengkapi dengan animasi yang bikin saya lebih cepat memahami soal,” ungkap Nabil melalui melalui Direct Message Instagram KPM Seikhlasnya.

Adapun pengumuman hasil IKMC Online 2020 akan disampaikan pada 11 Juli 2020 melalui laman www.kpm.read1institute.org. Sedangkan para peserta yang meraih penghargaan terbaik akan diumumkan melalui siaran langsung di Channel YouTube KPM Seikhlasnya.

Saat ini KPM yang berpusat di Kabupaten Bogor telah memiliki agenda pelatihan siswa dan kompetisi lainnya. Antara lain Read1 Online Science Competition (ROSC), Pelatihan Online Siswa Berbakat, Seminar Cara Berpikir Suprarasional, dan MIPA RIA. Bagi siswa dan guru yang ingin bergabung dalam kegiatan tersebut dapat mengunjungi laman www.kpm.read1institute.org atau menghubungi 0812.8188.2562 / 0812.8546.962.

Read more...

PENTING! Simak Informasi Pelaksanaan IKMC Online 21 Juni 2020

Bogorplus.com – Bogor, Jawa Barat – Perhelatan kompetisi International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) akan digelar serentak besok, Minggu (21/6/2020). Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang ditunjuk sebagai tuan rumah akan menggelar kompetisi IKMC berbasis daring (online).

Apa saja persiapan yang harus dilakukan peserta jelang kompetisi? Selain kesiapan fisik, mental, dan pemahaman materi, ada faktor penentu yang harus dikuasai peserta untuk menghadapi kompetisi matematika terbesar di dunia ini.  Dikutip dari akun resmi instagram Klinik Pendidikan MIPA @kpmseikhlasnya, berikut informasi teknis pelaksanaan IKMC Online 2020.

Peserta lomba dibagi menjadi beberapa kategori kelas

Kelas 1 - 2 (Pre Ecolier - PE)

Kelas 3 - 4 (Ecolier - EC)

Kelas 5 - 6 (Benjamin - BJ)

Kelas 7 - 8 (Cadet - CD)

Kelas 9 - 10 (Junior - JU)

Kelas 11 - 12 (Student -ST)

 

Pelaksanaan Tes

Hari Minggu, Tanggal 21 Juni 2020

 

Waktu Pelaksanaan

Kelas 1 - 2 (Pre Ecolier - PE):

09.00-10.30 WIB

Kelas 3 - 4 (Ecolier - EC):

11.00-12.30 WIB

Kelas 5 - 6 (Benjamin - BJ):

13.00-14.30 WIB

Kelas 7 - 8 (Cadet - CD):

15.00-16.30 WIB

Kelas 9 - 10 (Junior - JU):

15.00-16.30 WIB

Kelas 11 - 12 (Student -ST):

15.00-16.30 WIB

 

PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN IKMC ONLINE

(WAJIB DIBACA SAMPAI AKHIR)

  • Setiap peserta menggunakan PC/laptop/smartphone untuk melaksanakan ujian. Sangat disarankan menggunakan komputer atau laptop untuk tampilan yang lebih baik.
  • Setiap peserta mengerjakan soal sesuai dengan tingkatan level yang dipilih dan sesuai dengan kelas tahun ajaran 2019 – 2020.
  • Soal akan diberikan dalam bentuk Pilihan Berganda sebanyak 24 soal untuk level ECOLIER dan PREECOLIER dengan kriteria sebagai berikut :

        Bagian A terdiri dari soal 1-8 dengan bobot nilai 3 untuk setiap jawaban benar

        Bagian B terdiri dari soal 9-16 dengan bobot nilai 4 untuk setiap jawaban benar

        Bagian C terdiri dari soal 17-24 dengan bobot nilai 5 untuk setiap jawaban benar

        Total Nilai = 96

  • Soal akan diberikan dalam bentuk Pilihan Berganda sebanyak 30 soal untuk level CADET, BENJAMIN, JUNIOR dan STUDENT dengan kriteria sebagai berikut :

        Bagian A terdiri dari soal 1-10 dengan bobot nilai 3 untuk setiap jawaban benar

        Bagian B terdiri dari soal 11-20 dengan bobot nilai 4 untuk setiap jawaban benar

        Bagian C terdiri dari soal 21-30 dengan bobot nilai 5 untuk setiap jawaban benar

        Total Nilai = 120

  • Untuk setiap soal yang dijawab SALAH maka akan mendapatkan poin -1
  • Waktu Pengerjaan soal IKMC online selama 90 Menit dan sistem lomba menggunakan timer dimana jika waktu habis dan peserta belum selesai mengerjakan semua soal, maka sistem akan secara otomatis menutup halaman pengerjaan soal dan menyimpan jawaban yang sudah dimasukkan peserta.
  • Mohon untuk mencatat jawaban atau di screenshot untuk sebagai bukti telah menjawab.
  • Peserta mengerjakan sendiri, tidak diperkenankan dibantu oleh siapapun. Ingat baik-baik: ORANG YANG BERBUAT CURANG, MAKA DIA AKAN CELAKA.
  • Keputusan dewan juri terhadap hasil lomba IKMC tidak dapat diganggu gugat.
  • Silakan upload foto kegiatan pelaksanaan lomba IKMC di Instagram masing-masing, tag akun resmi KPM di @KPMSeikhlasnya dan gunakan hashtag #IKMCKPM

Ketentuan ranking peserta berdasarkan:

  1. Nilai tertinggi
  2. Waktu pengerjaan
  3. Pengerjaan jumlah soal sulit (bagian C)

Hadiah

Medali GOLD dan e-sertifkat : 5% terbaik

Medali SILVER dan e-sertifikat: 10% selanjutnya

Medali BRONZE dan e-sertifikat: 15% selanjutnya

e-sertifikat HONORABLE MENTION: 20% selanjutnya

Peserta terbaik tiap Kelas  mendapatkan hadiah menarik (Jika peserta lebih dari 100 setiap level)

Terimakasih

IKMC-KPM

Read more...

KPM Ajak Pelajar Perkuat Literasi Sains Lewat ROSC

Sumber foto: www.freepik.com

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Sebagai bangsa yang besar, sudah sepatutnya Indonesia harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21. Penguasaan enam literasi dasar yang telah disepakati Word Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting bagi peserta didik. Salah satu di antara enam literasi dasar yang perlu dikuasai adalah literasi sains.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Ridwan Hasan Saputra (RHS) sebagai salah satu pemerhati pendidikan turut andil guna mendukung penguatan literasi sains. Langkah konkret yang kini digagas RHS adalah mengajak para pelajar kelas 4 SD – 11 SMA untuk mengikuti Read1 Online Science Competition (ROSC). Kompetisi perdana yang  digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan diselenggarakan pada Minggu (26/7/20) dengan biaya pendaftaran seikhlasnya (sesuai kemampuan).

Gelaran ROSC tidak hanya memberikan kesempatan para pelajar untuk mengikuti kompetisi, tetapi yang jauh lebih penting adalah menstimulus para pelajar agar memiliki pemikiran inovatif dan kreatif. Sebab, soal-soal yang akan disajikan berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dalam metode pembelajaran di KPM lebih dikenal dengan istilah Sains Nalaria Realistik (SNR).

Ina Ana Khoeriah selaku Litbang KPM mengatakan, ROSC merupakan langkah konkret agar siswa mampu mengidentifikasi masalah, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan mengambil kesimpulan berdasarkan bukti-bukti.

Ina menambahkan ikhtiar yang dilakukan KPM merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya membentuk generasi muda yang berkarakter dan berilmu pengetahuan agar dapat menjadi aset berharga di masa depan.

Pada pelaksanaan ROSC nanti, para siswa akan berkompetisi melalui metode daring (online). Adapun waktu pelaksanaan kompetisi akan berlangsung selama 90 menit. Setiap siswa akan mengerjakan soal sesuai dengan levelnya masing-masing. Sebelum pelaksanaan kompetisi, siswa bisa mengikuti latihan secara gratis yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni, pada tanggal 18 dan 19 Juli 2020.

Untuk informasi & pendaftaran, para peserta bisa langsung mengunjungi laman www.kpm.read1institute.org atau menghubungi 0812.8546.962

Tim Media 

Read more...
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com