Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Belajar Bernalar Semakin Asyik lewat Permainan Berlian Matematika


Foto: Permainan Berlian Matematika dimainkan beberapa guru saat kegiatan pelatihan

Bogorplus.com.-- Pelajar Klinik Pendidikan MIPA (KPM) memang selalu punya ide unik agar anak-anak menyenangi matematika. Adalah Permainan Berlian Matematika atau PBM karya Muhammad Naufal Fakhrizal dan Rifqi Akmal Tsaqif--Di tahun 2010 masih duduk di bangku Sekolah Dasar-- yang menciptakan ide permainan matematika dibawah arahan dan bimbingan dari Raden Ridwan Hasan Saputra, Presiden Direktur KPM yang juga merupakan Tokoh Perubahan Republika 2013.

Permainan Berlian Matematika (PBM) sendiri merupakan permainan yang awalnya diciptakan khusus untuk Indonesia Science Festival (ISF) 2010, dan berhasil meraih juara pertama dalam kategori Bidang Matematika. Kemudian, permainan ini pun diterapkandalam pembelajaran matematika, dan berhasil mendapat respons yang tinggi dari siswa dan juga kalangan guru. Permainan ini disebut dengan Permainan Berlian Matematika karena bentuk paparnya mirip seperti berlian. PBM sendiri ditujukan bagi murid kelas 1 – 6 Sekolah Dasar. Namun, tidak menutup kemungkinan diperuntukkan juga bagi siswa di level yang lebih tinggi, atau bahkan guru dan orang tua.

Tidak hanya mengasah otak; PBM juga dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan bernalar, mengembangkan strategi, meningkatkan ketrampilan berhitung; dan menumbuhkan minat terhadap matematika yang selama ini masih dianggap menakutkan, PBM juga meningkatkan kemampuan kerjasama di antara siswa, karena permainan ini dimainkan secara berkelompok. Dalam satu kelompok terdiri dari 2 – 4 orang. Dalam paket PBM, terdiri dari papan permainan dan juga kartu-kartu angka yang merupakan bilangan bulat negatif (berwarna merah) dan bilangan bulat positif (berwarna hitam). Pemain yang menjadi pemenang adalah yang berhasil mengumpulkan poin paling besar.

Tertarik untuk mendapatkan dan mencoba Permainan Berlian Matematika? Permainan ini bisa didapatkan di Toko Matematika, Laladon, Ciomas, Kabupaten Bogor. Bagi yang berminat untuk memiliki permainan tersebut dapat memesan atau menghubungi tim produk di nomor 081284585755. Adapun harga PBM cukup terjangkau, yakni Rp 20.000,00 untuk satu paket permainan.

Tim Media dan Tim Litbang

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com