Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Antusiasme Guru Kab. Majene Ikuti Pelatihan HOTS & Suprarasional

 Foto: Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Matematika berbasis HOTS di Kab. Majene-Sulawesi Barat/Dok. KPM

Kab. Majene-Sulawesi Barat – “Pelajaran matematika yang selama ini dianggap momok menakutkan bagi siswa, kini menemui titik terang berkat adanya pelatihan guru matematika yang memadukan cara berpikir HOTS & Suprarasional,” ungkap M. Dachyang, S.Pd disela-sela acara penutupan pelatihan peningkatan kompetensi guru berbasis HOTS, bertempat di Hotel Villa Bogor, Kecamatan Banggae Timur, Kab. Majene, Kamis (11/10/2018).

Meskipun mengusung tema pelatihan yang berbeda dari biasanya, peserta pelatihan langsung menyambut dengan antusias dan mempelajari setiap materi  yang disajikan oleh tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Tak hanya disajikan konten tentang matematika, para peserta pun dibekali dengan motivasi agar menjadi guru hebat lewat cara berpikir suprarasional dan ragam permainan yang mampu meningkatkan kreativitas berpikir.

Foto:Inovasi KPM dalam membekali peserta pelatihan lewat sebuah Permainan Berlian Matematika (PBM)/Dok. KPM

Dukungan penuh pun disampaikan Dinas Pendidikan & Pemuda Olah Raga, Nurdin, S.Pd, M.Pd selaku Kabid Pembinaan dan Ketenagaan saat menutup kegiatan. Pak Nurdin mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan penting untuk meningkatkan kompetensi para guru di Kab. Majene. “Selama kegiatan, kami melihat peserta begitu menikmati jalannya pelatihan, bahkan sudah mendapat tempat di hati insan pendidik,” kata Pak Nurdin.

“Terlihat, antusiasme peserta didukung juga dari konsep materi pelatihan yang tak hanya bermuatan pedagogik saja, melainkan terdapat unsur religius, kreatif, dan meningkatkan berpikir nalar. Kami berharap adanya kerja sama yang berkesinambungan untuk mengawal hasil dari pelatihan yang sangat luar biasa ini,” tutup Pak Nurdin.

Ibu Rahmani, S.Pd. SD, seorang guru SDN No. 3 Mosso mengaku terpukau karena perpaduan HOTS dan suprarasional yang begitu menginspirasi. Ditambah cara penyajian yang interaktif membuat saya dengan mudah memahami materi demi materi.

“Perbedaan dari pelatihan yang saya rasakan sebelumnya, kali ini para trainer dengan penuh semangat mengajak peserta untuk aktif dalam forum, sehingga proses pelatihan pun serasa penuh makna,” kata Ibu Rahmani yang memiliki hobi membaca ini.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com