Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Pelatihan Matematika Berbasis HOTS & Suprarasional Sukses Menginspirasi Para Guru di Bima


Foto bersama saat hari terakhir kegiatan pelatihan/Dok. KPM

Bogorplus.com-Kota Bima-Nusa Tenggara Barat – Saat praktik pendidikan di Indonesia masih mengedepankan kemampuan atau potensi akademik semata, lain halnya bagi Mawardi, seorang guru di Bima yang terkesan apabila belajar matematika didukung konsep Matematika berbasis HOTS dan cara berpikir suprarasional.

Pak Mawardi merupakan satu dari 40 peserta pelatihan peningkatan kompetensi guru matematika yang digagas oleh Kemendikbud. Guru yang berdinas di SD Integral Luqman Al Hakim tergugah hatinya pasca mengikuti pelatihan bersama tim dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM), bertempat Hotel Marina, Jl. ST. Kaharudin No. 4, Kota Bima, pada tanggal 15-18 Oktober 2018.

Pak Mawardi menilai, esensi pendidikan ditekankan pada upaya pembekalan nilai-nilai luhur kepada anak didik. Cara yang dilakukan pun sebaiknya dengan cara yang menyenangkan dan berkesinambungan. “Dan, ternyata KPM telah memberikan pencerahan bagi kami lewat Matematika Nalaria Realistik (MNR) & cara berpikir suprarasional,” ungkap Pak Mawardi.

Hal senada juga diutarakan Ibu Sriwiyanti, rasa syukur yang tak terhingga pun Ia sampaikan karena telah mendapatkan pelatihan yang berbeda dari biasanya. Ia pun sepakat bahwa tugas seorang guru tak hanya sekadar transfer ilmu pengetahuan saja. Karena hasil pembelajaran pun dapat dipengaruhi oleh konsep belajar dan perilaku gurunya. “Semoga kami tetap istiqomah dalam mengimplementasikan gagasan MNR & suprarasional,” tuturnya.

Foto: Permainan Berlian Matematika (PBM) jadi sarana pembelajaran matematika/Dok. KPM

Selain Pak Mawardi & Ibu Sriwiyanti, ada juga Ibu Aisyah yang terinspirasi belajar matematika lewat sebuah permainan buah gagasan Ridwan Hasan Saputra (RHS). Di antaranya Permainan Berlian Matematika, Kartu Nara, dan Permainan Suprarasional Penguatan Karakter (PSPK).

Perjalanan tim KPM masih terus berlanjut, pasca menyambangi Kota-Bima-NTB. Tim yang terdiri dari lima orang ini akan menyambangi Kab. Seluma-Bengkulu (22-25 Oktober 2018) dan Kab. Aceh Besar (29 Oktober – 01 November 2018).

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com