Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Cara Unik RPM Cikarang Kenalkan Pendidikan Karakter Lewat Permainan

Foto: Pelajar RPM Cikarang & RPM Bumi Citra Lestari Wisata Edukasi di Kebun Raya Bogor/Dok. KPM

Bogorplus.com-Kota Bogor, Jawa Barat—Dengan menggunakan seragam serba merah dan abu-abu, 40 pelajar Rumah Pendidikan MIPA (RPM) Cikarang berbondong-bondong menyambangi Kebun Raya Bogor, Minggu (21/10/2018). Kedatangan pelajar kelas 4, 5, dan 6 ini rupanya bukan sekadar menikmati sejuknya alam kebun besar di Kota Bogor, melainkan mengikuti aktivitas Fun Math and Science  (FMS) bersama tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Sejak tahun 2017, program Fun Math and Science outdoor learning memang telah digandrungi puluhan sekolah di Jabodetabek sebagai sarana berwisata yang kental nilai-nilai edukasinya.

RPM Cikarang pun tak ingin melewatkan momen tersebut. Lembaga nirlaba pimpinan Ibu Vitri Wulandari ini mengikuti program FMS setelah memasuki tahun ketiga berdirinya RPM Cikarang. Dalam kesempatan tersebut juga, RPM Cikarang mengajak pelajar RPM Bumi Citra Lestari untuk turut serta.

Ibu Vitri kemudian menjelaskan mengapa kegiatan FMS ini sangat penting bagi generasi milenial. “FMS ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memompa semangat anak-anak dan memaknai berbagai aspek karakter, seperti: religius, nasionalis, mandiri, dan kerja sama. Langkah tersebut dinilai cukup efektif sebagai upaya penguatan pendidikan karakter di era milenial saat ini,” ungkapnya.

Foto: Latihan berstrategi dengan permainan tic tac toe/Dok. KPM

Aktivitas yang menyajikan ragam permainan, seperti tic tac toe, hoopers, logic, toxic, hingga permainan Wisata Matematika Bela Negara mendapat apresiasi dan sambutan hangat dari para peserta.

Dwi Raihana Aristanti, pelajar kelas 4 asal SDIT Annur Cikarang , yang juga siswa RPM Cikarang, mengaku terkesan dengan aktivitas Fun Math and Science Outdoor Learning. “Gak Cuma seru-seruan, di sini kita banyak belajar matematika, sains, dan bela negara. Pokoknya komplit deh,” ujarnya bersemangat.

Foto: Permainan Matematika Bela Negara sebaga sarana penanaman nilai-nilai nasionalisme dan rasa kebangsaan/Dok. KPM

Hal senada juga diungkapkan Adelardcaesar Dinoputra Rakin. Ia pun berharap dapat mengikuti FMS satu tahun dua kali. “FMS tak hanya mengajarkan tentang keilmuan, namun kita belajar arti disiplin, tertib, hingga menyenangi matematika dan sains,” ujar pelajar yang memiliki hobi bermain sepak bola ini.

Bagi sahabat yang belum menentukan liburan bersama teman dan sahabat di sekolah, yuk ikuti Fun Math Science Outdoor Learning. Tentunya, dapat berlibur di nuansa alam pepohonan sekaligus juga ada unsur edukasi. Informasi selengkapnya hubungi 0812-8188-2562.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com