Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Pelatihan MNR di Kab. Seluma Tumbuhkan Kecintaan Guru Terhadap Matematika

Foto: Peserta pelatihan guru Kab. Seluma di Bengkulu/Dok. KPM

Bogorplus.com-Bengkulu—  Tak sedikit siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Fenomena tersebut sesuatu yang wajar, mengingat masih ada guru yang belum meresapi ilmu matematika seutuhnya.

Namun, persoalan tersebut setidaknya menemui titik terang berkat adanya pelatihan peningkatan kompetensi guru matematika berbasis HOTS yang digagas Kemendikbud RI.

Setelah menyambangi tiga daerah, yakni Kab. Landak, Kab. Majene, dan Kota Bima, Tim KPM yang diamanahi sebagai pelaksana program pelatihan ini berkesempatan menyambangi Bengkulu, untuk memberikan pelatihan kepada guru Kab. Seluma, pada tanggal 22-25 Oktober 2018 lalu.

Kegiatan yang digelar selama 4 hari 3 malam, bertempat di hotel @Nanda mampu menggugah kesadaran berpikir para guru tentang pelajaran matematika. Seorang guru asal Kab. Seluma, Ibu Lili Marisah, mengungkapkan terjadi peningkatan kompetensi pada dirinya. Berkat dukungan para trainer KPM, alumnus Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa ini mengaku semakin tumbuh kecintaannya pada matematika.

Foto: Cara KPM agar belajar matematika menyenangkan lewat permainan/Dok. KPM

“Berbagai kendala pun sering saya alami kala membekali siswa belajar matematika. Namun, karena saat ini telah mendapatkan konsep Matematika Nalaria Realistik (MNR), akhirnya saya menemukan cara belajar matematika dengan metode yang menyenangkan,” ungkap Ibu Lili.

Hal senada juga diungkapkan Ibu Nurhayati Mulatsih, pelatihan bersama tim KPM beberapa waktu lalu, menyisakan kenangan berkesan. “Konsepsi MNR & Suprarasional memang luar biasa. Sebagai seorang pendidik saya tak menyia-nyiakan kesempatan ini,” ungkapnya.

Ibu Nurhayati mengungkapkan perlunya nilai tambah bagi seorang guru. karena seluruh proses pendidikan itu adalah membangun nilai tambah bagi kualitas individu seseorang. “Oleh karena itu, sebelum menjadi seorang pendidik, hal yang perlu dipersiapkan seorang guru adalah meningkatkan nilai tambah bagi dirinya sendiri terlebih dahulu,” tuturnya.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com