Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM Sukses Menggelar Event Internasional CFM 2018

Foto: Challenge for Future Mathematicians (CFM) 2018/Dok. KPM 

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat -- Kesuksesan gelaran olimpiade matematika bertaraf internasional di Bogor-Jawa Barat, yang bertajuk "Challenge for Future Mathematicians (CFM)", pada tanggal 27-30 Oktober 2018 lalu, semakin mengukuhkan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sebagai lembaga yang berputar menjadi penyelenggara kompetisi internasional.

Selama kompetisi berlangsung, 153 peserta dari 5 negara, seperti: Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia berlaga yang berpusat di Aula Griya Dharma Wulan, Sentul-Bogor. Mereka juga bersaing dalam 2 kategori, yakni individual contest dan team contest. Selain itu, ada juga sesi tambahan, yaitu puzzle contest. Pada event kali ini, sebanyak 17 medali emas, 34 medali perak, 57 medali perunggu diperebutkan oleh ratusan peserta mulai kelas 3 SD-8 SMP.

Keberhasilan KPM menjadi tuan rumah tak hanya baru kali ini saja. Bila kita tengok sebelumnya, ada beberapa event internasional dimana KPM menjadi tuan rumah, di antaranya International Mathematics and Science (IMSO) November 2016, International Mathematics Wizards Challenge (IMWiC) Mei 2018, dan International Youth Exchange (IYE) Agustus 2018, dan kegiatan serupa lainnya pada tahun 2015.

Foto: Ridwan Hasan Saputra (tengah) bersama team leader negara peserta CFM 2018/Dok. KPM

Meski telah banyak mengikuti berbagai kegiatan internasional, tak membuat KPM jumawa. "Sedianya, event olimpiade sebagai pemersatu seluruh elemen bangsa, tak hanya bidang matematika, namun berlaku untuk bidang olimpiade lainnya. Kami bersyukur karena diberikan keberkahan dari Allah Swt atas terselenggaranya event ini. Hal ini tak mungkin dapat terwujud tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Selain sebagai pemersatu bangsa, CFM kali ini diharapkan juga dapat memupuk persaudaraan antar bangsa, khususnya peserta negara CFM," ungkap Muchammad Fachri selaku Ketua Penyelenggara CFM 2018.

Pasca awarding ceremony, apresiasi pun disampaikan kepada tim KPM yang telah sukses menggelar event CFM untuk kedua kalinya di Indonesia. Salah satunya disampaikan Nguyen Chi Truang. "Saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada KPM karena telah sukses menggelar event CFM 2018 sehingga siswa, orang tua, dan official begitu senang mengikuti rangkaian CFM di Bogor," ungkap Team Leader Vietnam ini.

Tak hanya menggelar dan mengikuti kompetisi internasional, KPM pun tengah bersiap untuk menggelar kompetisi matematika bertaraf nasional, yakni Babak Penyisihan Kompetisi Matematika Matematika Nalaria Realistik (KMNR) Se-Indonesia Ke-14, yang akan berlangsung pada tanggal 25 November 2018. Bagi para sekolah dan pelajar yang ingin mengikuti event nasional tersebut dapat menghubungi tim lomba KPM 0812-8546-962.

Saksikan juga tayangan kilas balik kegiatan CFM 2018 (Klik Gambar dibawah ini)

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com