Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Memantau Persiapan Panitia Daerah Jelang Penyisihan KMNR 14

Foto: Spanduk selamat datang siap menyambut peserta babak penyisihan KMNR/Dok. KPM

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Event bergengsi Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) Se-Indonesia ke-14 akan segera digelar. Babak penyisihan akan digelar pada tanggal 25 November 2018 yang bertepatan dengan hari Guru Nasional ini menjadi momentum yang dinantikan para pelajar, guru, dan orang tua guna menjajal kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika berbasis Matematika Nalaria Realistik (MNR), sekaligus ajang uji kemampuan bernalar dalam matematika bagi para pelajar.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) selaku penyelenggara event terbesar di Indonesia sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari Uji Soal MNR pada September-Oktober, yang diikuti 352.088 pelajar kelas 1 SD hingga 12 SMA di berbagai daerah di Indonesia. Uji Soal MNR ini selain untuk mengukur kemampuan HOTS siswa juga digunakan sebagai seleksi tingkat sekolah

Dengan sudah menjalarnya demam KMNR ke berbagai daerah, Klinik Pendidikan MIPA berharap kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan peserta mengikuti kompetisi dengan jujur dan sportif.

Lalu, bagaimana persiapan sehari jelang babak penyisihan KMNR 14?

Dilansir dari fanpage facebook KPM Seikhlasnya, total penyelenggara babak penyisihan tahun 2018, sebanyak 108 wilayah dari 21 provinsi di Indonesia.  Lebih dari 88.000 ribu peserta siap memadati lokasi yang telah tersebar dan sudah ditentukan.

Informasi yang berhasil dihimpun, wilayah Medan yang digawangi Amri Makmur Nasution mengaku kondisinya siap menyambut 2.615 peserta penyisihan KMNR di tahun ke-3, yang bertempat di Gedung Serbaguna Pemprov Sumatera Utara. “Persiapan sudah hampir rampung, pada Jumat (23/11). Kami sudah menggelar technical meeting. Berbagai antisipasi dan koordinasi pun telah kami siapkan untuk event terbesar di Indonesia ini,” ungkap Amri Makmur Nasution yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, MTs. Al-Washliyah Tembung, Medan ini.

Foto: Gedung Serbaguna Pemprov Sumatera Utara yang tempat perhelatan babak penyisihan wilayah Medan/Dok. KPM

Amri Makmur Nasution menambahkan, pihaknya hanya menyelesaikan pekerjaan yang bersifat minor, seperti: pemasangan spanduk, petunjuk lokasi, kelayakan pengeras suara hingga gladi bersih kegiatan.

Sementara itu, wilayah Jawa Timur juga terus berupaya agar pelaksanaan penyisihan KMNR berjalan dengan lancar. Hal ini dibenarkan oleh Andika Dwi Agus Prastyo selaku staf KPM Cabang 1 Surabaya. “Alhamdulillah dari wilayah Jawa Timur secara intens sudah melakukan koordinasi dengan para PJ Se-wilayah timur. Rangkaian persiapan pun telah dilakukan, seperti pendistribusian soal hingga petunjuk pelaksanan” kata Andika.

Andika pun menyebutkan antusias masyarakat di Jawa Timur sangat luar biasa. Buktinya, ada lebih dari angka 200 ribu lebih peserta mengikuti Uji Soal MNR dan pada penyisihan ini tercatat mencapai 54.534 peserta. “Selain itu, pantauan di berbagai media sosial, para orang tua terlihat antusias menyambut penyisihan KMNR, dengan update status anaknya lolos ke penyisihan,” tuturnya.

Foto: SD Smart Kids Timika turut berkontribusi dan mewadahi pelajarnya pada Uji Soal MNR beberapa waktu lalu/Dok. KPM

Animo babak penyisihan KMNR 14 pun menjalar hingga Papua. SD Smart Kids Timika menjadi lembaga yang ikut serta meramaikan gelaran event nasional. “Meskipun pertama kali digelar, mendapat respon cukup positif dari orang tua dan peserta. Tahun ini dari Timika terpilih 56 peserta mengikuti babak penyisihan. Semoga hal ini menjadi awal yang baik dan memotivasi pelajar di Timika,” ungkap Rika Utami selaku penanggung jawab.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com