Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Tim Indonesia Torehkan Prestasi Olimpiade Matematika di Malaysia

Foto: Tim Indonesia menerima penghargaan dalam ajang olimpiade internasional, MIMO 2018/Dok. IMTC

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Prestasi pelajar Indonesia kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kali ini datang dari tim olimpiade matematika, yaitu Ilham Mathematics Training Center (IMTC).

Tim yang dipimpin Taufik Hidayah ini berhasil meraih 3 medali perunggu dan 2nd Runner Up di SJK(C) Lik Hung, Selangor, Malaysia. Acara yang digelar pada tanggal 23-27 November diikuti 11 negara, seperti: Australia, Cina, Hong Kong, Indonesia, Macau, Nepal, Filipina, Srilanka, Taiwan, Vietnam, dan Malaysia selaku tuan rumah.

Berdasarkan keterangan pers, tim Indonesia terdiri dari 4 pelajar yang berasal dari 4 sekolah berbeda. Mereka adalah Farras Ghani Boryenka (kelas 6) dari SDI Al Azhar 27 Cibinong Bogor, M Nabil Dary Syawal (kelas 5) dari SDI Al Azhar 10 Serang, Irzan Putra Maula (kelas 5) dari SDI Al Azhar 23 Jati Kramat Bekasi, dan Azizi Adha Haryadi (kelas 5) dari SDI Al Azhar 46 GDC Depok,

Adapun tiga medali perunggu diraih oleh Farras, Nabil, dan Azizi dalam kategori Individual contest. Selain capaian itu, penghargaan 2nd Runner Up diraih dalam kategori Team Contest.

Foto: Tim Indonesia ketika tiba di terminal 3 kedatangan, Bandara Soekarno-Hatta/Dok. IMTC

Taufik Hidayah selaku team leader menjelaskan bahwa MIMO merupakan kompetisi matematika tingkat internasional yang dilaksanakan setiap tahun dan diperuntukkan bagi siswa Sekolah Dasar. “Kompetisi MIMO ini terbagi dalam dua kategori peserta, yaitu Middle Primary (kelas 3-4 SD) dan Upper Primary (kelas 5-6 SD),” ujar Taufik.

Menanggapi perolehan penghargaan yang diraih, Taufik mengaku bangga atas perjuangan tim. Ia pun berharap tim Indonesia mendapatkan pengalaman yang berkesan dengan dapat menjalin persahabatan antar siswa dari negara-negara peserta.

Meskipun soal-soal yang disajikan cukup sulit, tak membuat Farras gentar, Ia melihat soal-soal tersebut merupakan sebuah peluang untuk meningkatkan kemampuannya. “Alhamdulillah, bersyukur sekali sekaligus berkesan karena memiliki pengalaman mengerjakan soal-soal yang menantang, kata pelajar yang bercita-cita ingin menjadi scientist ini.

Hal senada juga diungkapkan M. Nabil Dary Syawal. Pelajar yang memiliki hobi main sepak bola ini mengaku terkesan karena baru pertama kali mengikuti lomba internasional. “Penghargaan medali perunggu ini semoga dapat motivasi saya untuk menambah aktivitas kebaikan agar mendapat keberhasilan dan keberkahan di masa depan,” tuturnya.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com