Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Siap Menjadi Juara Olimpiade Matematika dengan Buku “SSO-Matematika”

Judul                   : Strategi Sukses Olimpiade Matematika (SSO-Matematika)

Penulis                 : Teguh Imam Agus Hidayat, Ryky Tunggal Saputra Aji, Thyeadi Tungson, Sutriyati

Editor                  : Anis Kurniasih, Eva Khoirunnisa, Razethy Rahayu Batubara

Desain Sampul     : Andriana Hasan

Penerbit               : Klinik Pendidikan MIPA

Cetakan               : Cetakan I, November 2018

Ukuran                : 17,6 cm x 25 cm

Halaman              : 162 hlm

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari di seluruh dunia, mengapa? Karena matematika melatih kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan sistematis. Banyak sekali manfaat ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari, matematika juga berguna sebagai dasar ilmu ketika mempelajari ilmu pengetahuan lainnya. Tak heran jika matematika mendapat julukan sebagai “Ratunya Ilmu Pengetahuan” (Carl Friedrich Gauss)

Selain matematika menjadi materi wajib di sekolah, tak jarang siswa/i juga mendalami materi olimpiade dan banyak yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi olimpiade matematika. Soal-soal olimpiade matematika terasa sangat susah untuk dikerjakan, membutuhkan daya nalar dan kreativitas super untuk menyelesaikannya. Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menjembatani adik-adik yang ingin berlatih dan mengasah kemampuannya mengerjakan soal-soal olimpiade dengan menerbitkan buku Strategi Sukses Olimpiade Matematika (SSO-Matematika). Karya Tim Litbang Matematika KPM ini hadir untuk menjawab pertanyaan seputar olimpiade matematika pada ajang nasional dan internasional.

Buku yang terbit bulan November 2018 ini memiliki beberapa keunggulan yakni berisi kumpulan soal-soal pilihan mulai dari KMNR 1 hingga KMNR 12, dan juga dilengkapi dengan berbagai strategi menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika, diantaranya: membuat diagram atau gambar, menyederhanakan masalah, menulis semua kemungkinan, dan lain sebagainya. Buku ini terdiri dari beberapa topik dalam olimpiade matematika, seperti: bilangan, kombinatorik, volume, dan masih banyak lagi. Tentunya, tiap topik disertai dengan solusi lengkap di bagian akhir tiap babnya.

Strategi Penyelesaian Masalah dengan Membuat Diagram atau Gambar / Dok. Litbang KPM

Buku yang ditulis oleh pelatih-pelatih olimpiade matematika Klinik Pendidikan MIPA ini memiliki daerah kosong di tiap soalnya sebagai tempat untuk adik-adik mencoba menjawab soal-soal yang tersedia. Jangan takut untuk mencoba, belajarlah secara rutin tiap hari. Apabila sudah mencoba menjawab, adik-adik bisa melihat solusi dari soal yang tersedia di bagian solusi setiap bab nya. Adik-adik bisa mencoba mengerjakan soal secara urut dari nomor 1 dan seterusnya. Kenapa? Karena soal-soal di buku ini telah disusun urutan nomornya berdasarkan tingkat kesukarannya, tetapi bukan berarti nomor-nomor terakhir adalah soal yang paling sulit. Tak ada soal yang sulit jika adik-adik mau berlatih dan terus belajar. Menurut Ir. R. Raden Hasan Saputra tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mau mengembangkan diri.

 

Foto: Contoh tampilan isi buku SSO-Matematika/Dok. Litbang KPM

Memang sulit untuk mempelajari sesuatu yang tidak disukai, tetapi kita bisa mensugestikan diri untuk bisa menyukai pelajaran tersebut. Anggap semua pelajaran itu mudah dan pasti akan memberikan manfaat untuk kita suatu hari kelak. Berusahalah untuk mencintai sesuatu yang akan dipelajari, mulailah belajar dari bagian yang menarik rasa ingin tahu dan rasa suka terhadap materi yang akan dipelajari. Jika senantiasa melakukan segala sesuatu dengan penuh cinta, kau akan sukses (Albert Schweitzer)

Setelah membaca tulisan di atas apakah adik-adik masih ragu untuk membeli buku ini?

Meskipun buku ini diperuntukkan bagi sahabat kelas 5-6 SD, tak menutup kemungkinan buku ini juga cocok untuk kalangan masyarakat luas yang ingin mempelajari strategi penyelesaian soal-soal olimpiade matematika. Jadi, tunggu apalagi, yuk segera pesan bukunya, dapatkan hanya di KPM Mart dengan atau dapat menghubungi 0812-8458-5755 (Ibu Devi).

Tim Media & Eva Khoirunnisa, Litbang Klinik Pendidikan MIPA

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com