Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

LPI Luqman Al Hakim Kembangkan Pembelajaran Berbasis Suprarasional di Balikpapan

Foto: Trainer KPM, Ryky Tunggal Saputra memberikan pelatihan MNR & Suprarasional di LPI Luqman Al Hakim Balikpapan/Dok. KPM

Bogorplus.com-Balikpapan, Kalimantan Timur – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada era globalisasi ini persaingan dalam berbagai aspek semakin ketat. Terlebih dalam bidang ilmu pengetahuan, semakin hari menunjukkan perkembangannya dengan melahirkan berbagai inovasi pembelajaran.

Menyajikan proses pembelajaran yang bervariasi dan memicu keterampilan berpikir anak merupakan keniscayaan yang harus ditanamkan sejak dini pada generasi muda.

Cek koleksi produk buku terbaru dari KPM Mart, klik disini

Upaya inilah yang kemudian digagas LPI Luqman Al Hakim Balikpapan untuk mengembangkan metode pembelajaran berbasis nalar. Pada tanggal 04-05 Januari 2019, lembaga pendidikan yang beralamat di Jalan Sultan Alaudin, Karang Bugis, Balikpapan, menggelar pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan motivasi cara berpikir suprarasional.

“Berpikir suprarasional merupakan fitrah sesungguhnya seorang manusia. Sebagai seorang hamba Allah, yang lebih utama adalah mempertajam hati, kemudian akal, baru panca indera, sehingga apa yang kita kerjakan selaras dan mendapat Ridho dari Allah Swt,” ungkap Ustadz Muzakkir selaku Direktur LPI Luqman Al Hakim Balikpapan.

Ustadz Muzakkir bersyukur karena lembaganya dapat bersinergi dengan KPM. “Kita ketahui, KPM tak hanya berorientasi pada akademik saja, melainkan fokus pada kualitas pembentukan karakter anak. Sehingga hal tersebut dinilai sejalan dengan visi-misi lembaga dan sangat membantu para guru dalam memberikan pembinaan pada siswa. Terlebih cara berpikir yang diajarkan mampu mengasah dan mempertajam rasa ingin tahu anak dan ditekankan dengan sangat kontekstual,” jelasnya.

Di samping itu, Ustadz Muzakkir berharap, hubungan kerja sama yang telah terjalin ini dimanfaatkan para keluarga LPI Luqman Al Hakim untuk mengkaji lebih dalam metode MNR dan suprarasional, agar mampu melahirkan generasi yang kuat, kuat aqidahnya, kuat ibadahnya, dan memiliki keterampilan hidup untuk menjawab problematika umat di hari ini dan di masa yang akan datang.

Tim Media 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com