Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Komitmen KPM Lumajang Wujudkan Generasi Suprarasional

Foto: Pertemuan orang tua siswa KPM di Lumajang/Dok. Bahrul Ulum-KPM Cabang Lumajang

Bogorplus.com-Lumajang, Jawa Timur – “Klinik Pendidikan MIPA (KPM) tidak hanya fokus dalam peningkatan prestasi saja, tetapi juga berupaya mengoptimalkan fungsi tiga antena manusia melalui cara berpikir suprarasional,” demikian diungkapkan Kepala KPM Cabang Lumajang, Bahrul Ulum dalam keterangan persnya.

Pak Ulum (sapaan akrabnya) menyebutkan pada akhir pekan kemarin, Minggu (20/01), KPM Cabang Lumajang menggelar berbagai kegiatan secara bersamaan, seperti pertemuan orang tua, penerimaan laporan hasil belajar, dan olimpiade International Mathematics Assessments for School (IMAS).

Foto: Suasana pelaksanaan tes IMAS di Lumajang/Dok. Bahrul Ulum-KPM Cabang Lumajang

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada tahun 2019 ini KPM berhasil menarik minat 7.358 anak yang berpartisipasi di ajang olimpiade IMAS. Tercatat, KPM Cabang Lumajang mampu menghadirkan 743 peserta pada event bergengsi tersebut. Bahkan, Lumajang berhasil menjadi cabang KPM dengan penyumbang peserta terbanyak se-Jawa Timur.

Digelarnya olimpiade IMAS di Jawa Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan pembina olimpiade matematika, salah satunya Nanang. Pelatih asal Tempeh ini menyampaikan bahwa ajang IMAS memiliki kualitas soal yang bagus dan juga menarik untuk dipelajari. Nanang juga tak segan untuk membantu dan mengajak sesama pembina dan Kepala Sekolah untuk mengirimkan anak didiknya dalam kompetisi IMAS.

Kompetisi Sains Nalaria Realistik semakin dekat, yuk perbanyak latihan dengan Buku BISA edisi Sains (klik disini untuk membeli)

Pada kesempatan yang sama, KPM Cabang Lumajang juga menggelar pertemuan orang tua sekaligus membagikan hasil evaluasi belajar siswa selama satu semester. Acara yang berlangsung di Aula SDN Tompokersan 3 Lumajang merupakan agenda rutin yang digelar setiap 3 bulan sekali sebagai ajang silaturahim dan memperkuat komunikasi antar KPM dan orang tua siswa. Lewat kegiatan silaturahim seperti inilah, tabungan jiwa kita akan terus meningkat.

Resminya selaku orang tua siswa mengaku terkesan dengan program KPM. “Meskipun tergolong masih baru bergabung di KPM, namun setelah mengikuti agenda KPM, saya semakin menyadari pentingnya tabungan jiwa dalam kehidupan. Kami menganggap KPM hanya fokus pada olimpiade saja, namun setelah silaturahim, kami sadar bahwa cakupan KPM sangat luas bahkan hingga pembinaan pada aspek akhlak dan sikap. Hal ini yang sangat diperlukan di era digital saat ini,” ungkap orangtua dari Alya siswi kelas 2 ini.

Hal senada juga diungkapkan Ibunda Iftitah (kelas 4). Perbedaan sikap dan perilaku sebelum dan sesudah masuk KPM begitu terasa dan hal itu sangat bermanfaaat. Selain meningkatnya capaian bidang akademik, perkembangan lainnya yang membuat bangga dan terharu adalah meningkatnya kesadaran dalam beribadah. Mereka menjalankan aktivitas ibadah tanpa harus diingatkan lagi. Artinya, proses pendidikan karakter yang diterapkan sukses membuat anak saya berubah menjadi lebih baik,” tutupnya.

Pada sesi akhir pertemuan orang tua KPM Cabang Lumajang, para orang tua pun kembali digugah kesadarannya lewat pesan Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra (RHS) dalam pesan singkatnya yang berbunyi:

  1. Belajar di KPM bukan untuk menjadi juara lomba tapi untuk menjadi anak yang berakhlak mulia.
  2. Belajar di KPM, kita harus saling berkolaborasi/bekerja sama bukan berkompetisi.
  3. Orang tua yang banyak membantu KPM, insya Allah anak-anaknya akan sukses.

Tim Media & KPM Cabang Lumajang 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com