Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Ribuan Pelajar SD Ramaikan Perhelatan KSNR 2019



KSNR di Madrasah Pembangunan UIN Ciputat/Dok. KPM

Bogor, Jawa Barat – Minggu pagi kemarin (27/01), dunia pendidikan di Indonesia kembali diramaikan oleh perhelatan Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) Se-Indonesia ke-1 yang diikuti 5.983 pelajar kelas 4-6 SD.

Teman belajar yang cocok untuk menghadapi Babak Final KSNR. Info pemesanan hubungi 0812 8458 5755

KSNR ini merupakan sebuah kompetisi baru tingkat nasional dibidang sains yang digagas Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Pasalnya, event ini belum pernah diadakan pada tahun-tahun sebelumnya. KPM menggelar sebuah kompetisi khusus dalam bidang sains, selain yang sudah rutin terselenggara, yaitu Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) dan OIimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI).

Kepala Divisi Lomba KPM, M. Fachri mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun budaya kompetisi yang sehat dan jujur serta meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sains. “Belum banyaknya kompetisi sains di Indonesia menjadikan KSNR sebagai wadah untuk menguji kompetisi siswa di bidang Sains,” ungkap Fachri. 

Foto: KSNR di SD Insan Kamil Bogor/Dok. KPM

Fachri menambahkan, event perdana dengan konsep bayaran seikhlasnya ini mampu melahirkan para saintis muda yang mampu berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

Melihat suksesnya event tersebut, KPM tak menutup kemungkinan akan menjadikan KSNR sebagai event tahunan. “Semoga tahun depan bisa diadakan kembali,” lanjut Fachri. Sementara itu, Fachri juga tak menyangka jumlah peserta bisa mencapai angka 5.983 orang. Hal ini mengindikasikan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Bahkan, tercatat para peserta KSNR  tersebar di 12 provinsi dan 39 kota/kabupaten.

Foto: KSNR Merambah hingga Timika/Dok. SD Integral Hidayatullah

Sementara itu, dengan tetap mengusung bayaran seikhlasnya, babak final event KSNR akan diselenggarakan pada tanggal 24 Maret 2019. Peserta yang meraih penghargaan terbaik berkesempatan mengikuti event internasional, yakni International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Science Competition (ISC) 2019.

Komitmen KPM untuk menghadirkan kompetisi berkualitas tak hanya membidik kalangan pelajar saja, tepat pada tanggal 24 Februari 2019, KPM juga akan menghelat Olimpiade Guru Olimpiade (OGM) Se-Indonesia Ke-4.

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com