Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

SIHT Melatih Kreativitas dan Daya Nalar Siswa

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Proses belajar hakikatnya adalah mengembangkan pemahaman, aktivitas, dan kreativitas berpikir siswa. Melalui penyelesaian soal, interaksi, dan kegiatan menarik, maka proses pembelajaran pun semakin efektif.

Kumpulan soal SNR ini membantu siswa tingkat sekolah dasar dari kelas 3-6 dalam mempersiapkan Kompetisi Sains, dengan metode SNR untuk melatih HOTS, dilengkapi dengan solusi (pesan disini)

Salah satu cara alternatif untuk memperoleh hasil belajar yang baik dalam pembelajaran sains adalah dengan metode Sains Nalaria Realistik dan eksperimen STEM. Peluang inilah yang kemudian menggugah KPM kembali menggelar Science In House Training (SIHT) beberapa waktu yang lalu, Jumat-Sabtu, 25-26 Januari 2019, bertempat di Padepokan Amir Syahrudin, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor.

“Dengan metode SNR, siswa dilatih agar mampu memecahkan soal-soal HOTS IPA. Selain itu, ketika siswa diberikan kesempatan untuk membuktikan (praktikum) sendiri suatu konsep yang dipelajarinya, kemampuan dan motivasi belajar siswa akan semakin meningkat,” ujar Ina Ana Khoeriah selaku Wakil Kepala Litbang Bidang IPA.

Di samping itu, kata Ina, terlebih saat ini Tim Litbang KPM telah mengembangkan metode pembelajaran praktikum berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sehingga dapat menambah wawasan dalam proses pembelajaran sains. 

Pasca pelatihan ini, Ina berharap para peserta mampu memunculkan ide-ide kreatif yang dapat diterapkan di rumah masing-masing. “Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif, yakni menyelesaikan soal-soal IPA dan melakukan praktikum sederhana untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang sains,” jelas Ina.

Sementara itu, tanggapan positif pun diungkapkan salah satu peserta, Fauziah Nurul Hikmah. Pelajar kelas 5 SD mengutarakan rasa senang ketika mengikuti pelatihan SIHT bersama KPM. “Seru sekali ikut kegiatan selama dua hari. Selain itu, materi SIHT juga bagus dan cocok juga untuk persiapan menghadapi UN,” tuturnya.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com