Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Sharing Session: Tradisi Saling Belajar di KPM

Foto: Sharing session yang digelar KPM merupakan aktivitas rutin yang berlangsung setiap dua pekan sekali/Dok. KPM

Satu orang berdiri di depan bertindak sebagai pembawa acara, yang lainnya duduk lesehan. Acara dimulai dengan berdoa bersama lalu dilanjutkan sesi ice breaking. Ada keriangan dan gelak tawa saat semua orang yang hadir di forum mengikuti sesi ice breaking. Setelah itu, semua pandangan tertuju pada pengisi materi. Suasana menjadi lebih senyap dan hanya suara pemateri yang terdengar di ruangan.  Itulah gambaran suasana di dojo atas Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Selasa (12/02/2019).

Aktivitas rutin yang berlangsung setiap dua pekan sekali ini punya arti tersendiri bagi seluruh karyawan KPM. Rheta Rezkianti, Kepala Bagian HRD KPM menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat ukhuwah dan relasi di antara sesama karyawan dan juga sebagai media komunikasi antar divisi KPM terkait agenda kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan. Dari kegiatan ini, beliau berharap alur komunikasi lebih lancar dan setiap karyawan semakin memahami visi dan misi lembaga.

Hal menarik di agenda rutin KPM ini adalah penunjukkan staf KPM untuk menjadi pembawa acara dan penunjukkan pimpinan KPM sebagai pemateri secara bergantian. Staf KPM yang bertugas menjadi pembawa acara berlatih cara berkomunikasi, bersikap percaya diri, dan mengasah kemampuan menyimpulkan inti materi secara langsung lewat simulasi nyata. Hal ini pun berlaku bagi pemateri. Bedanya, para pemateri ditantang agar mampu menyampaikan pengetahuan dan pengalaman hidup yang mengandung makna suprarasional. 

Herman Hadiwijaya selaku Kepala Bagian Read1 Group mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu tentang adab menuntut ilmu/Dok. KPM           

Herman Hadiwijaya yang akrab dipanggil Kang Herman mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu tentang adab menuntut ilmu, khususnya bagaimana bersikap takzim kepada guru. “Saya berbagi ilmu ini karena posisi saya sekarang sebagai seorang guru yang dulu pernah menjadi murid dari seorang guru. Bagaimana saya ingin menjelaskan sudut pandang seorang murid kepada guru. “ ujar Kang Herman. Beliau juga menuturkan bahwa dalam menuntut ilmu ada dua hal yang bisa mendatangkan keberkahan, yaitu sikap takzim murid kepada guru dan guru yang mendoakan muridnya. Di akhir penyajiannya, beliau berharap akhlak para murid kepada guru bisa semakin baik karena itu bisa menunjukkan peradaban pendidikan yang sebenarnya. Terima kasih ilmunya, Kang Herman.

Tim Media 

 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com