Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM Lestarikan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Bangsa

 Foto: Siswa kelas khusus berlatih pencak silat/Dok. KPM

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang lahir dari bumi pertiwi. Sebagai bagian dari elemen bangsa, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) memiliki cara untuk mengenalkan pencak silat kepada generasi penerus bangsa.

Selain untuk melestarikan budaya bangsa, anak-anak juga bisa dilatih agar memiliki prestasi di bidang pencak silat. Hal ini terungkap saat tim Bogorplus berdiskusi dengan Rian Adriansyah, pelatih pencak silat KPM. Beliau menuturkan, "KPM mewajibkan program pencak silat untuk diikuti anak-anak kelas khusus. Tujuannya, anak-anak bisa lebih sehat secara fisik karena aspek motoriknya diberdayakan. Bahkan, jika anak-anak berlatih dengan sungguh-sungguh, ada beberapa anak kelas khusus bisa meraih prestasi pada kejuaraan pencak silat." ujar Kang Rian.

Foto: Latihan pencak silat dilakukan setiap hari Sabtu, bersamaan dengan pembelajaran KPM/Dok. KPM

Salah satu peserta program pencak silat KPM, M. Thariq Makarim menyampaikan bahwa dirinya bisa berolah raga lewat aktivitas pencak silat. Hal yang diakuinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya. "Saya juga berharap, pencak silat ini akan tetap ada dan lestari di Indonesia." tegas Thariq menutup wawancara.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com