Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM Dorong Pengembangan Potensi Anak Muda di Kampung Matematika

Foto: KPM melatih dan membekali para pemuda yang bermukim di kampung matematika agar memiliki keterampilan sebagai tutor dan pendamping wisata/Dok. KPM

Kampung Matematika Laladon, Ciomas -  Semakin banyaknya tamu yang berkunjung ke kampung matematika mesti direspons secara positif. Program wisata edukasi di kampung matematika membutuhkan para tutor dan pendamping wisata.

Dengan mengusung semangat 'Dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat', KPM memahami pilihan strategi untuk menyiasati hal tersebut. Lewat kegiatan Training of Trainer (TOT), KPM melatih dan membekali para pemuda yang bermukim di kampung matematika agar memiliki keterampilan sebagai tutor dan pendamping wisata.

Ryky Tunggal Saputra Aji, Kepala Bagian Pelatihan di KPM menyampaikan bahwa kegiatan TOT merupakan mekanisme pembekalan bagi para pemuda kampung matematika. Kegiatan ini juga merupakan tahapan seleksi untuk memilih siapa yang paling siap dan cakap untuk terlibat dalam kegiatan wisata di kampung matematika. "Para peserta TOT diberikan pembekalan materi pengantar Fun and Math Science (FMS), materi ice breaking, dan simulasi permainan matematika. Para peserta juga akan langsung melakukan simulasi sebagai tutor atau pendamping." ungkap pria asal Purwokerto ini.

Di akhir wawancara beliau mengungkapkan harapannya agar dari proses kegiatan TOT ini akan lahir para pemuda yang handal menjadi tutor atau pendamping yang siap terjun langsung dalam kegiatan FMS, serta bisa memberikan sumbangsih nyata pada lingkungannya.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com