Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Rian Ardiansyah: Belajar dan Disiplin, Kunci Hidup Sukses

Foto: Rian Ardiansyah/Dok. KPM

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat - Mulai mengenal pencak silat dari SD, Rian Ardiansyah yang akrab dipanggil Kang Rian tak mujur karena belum bisa belajar pencak silat dari pelatih pencak silat yang mengajar di sekolahnya. Saat mengenyam pendidikan di SMP, pencak silat masuk pelajaran Muatan Lokal (Mulok), momen itu menjadi awal Kang Rian makin senang dan mendalami ilmu pencak silat. Kang Rian mengakui mendapat banyak pelajaran dan manfaat saat belajar pencak silat. Selain berfaedah untuk kesehatan jasmani, keterampilan untuk melatih pengendalian diri serta mendapatkan banyak saudara baru adalah hal terpenting lain yang didapatkan saat belajar pencak silat.

Baca juga: 

Menjalani Kehidupan dengan Ilmu Suprarasional

Sinergi KPM dan Al Azhar Syifa Budi Cibinong Wujudkan Generasi Suprarasional

Pelatih pencak silat Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang juga aktif berorganisasi di Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia ini pun menyatakan bahwa ada banyak filosofi silat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya filosofi dari moto Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia, “Lahir silat mencari teman, batin silat mencari Tuhan. Jaga tali jangan putus, jaga rasa jangan hilang. Musuh tidak dicari, bertemu dihindari, sekali dimulai titik mati baru berhenti.”

Foto: Rian Ardiansyah (kanan) bersama Arseneo Fawwaz (kiri), pelajar SDN Menteng 01 Jakarta yang berhasil meraih prestasi di event O2SN tingkat kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.
Baca juga:
Bintang Terang Arseneo di Event O2SN
Rahasia Jadi Orang Besar

Kang Rian menyadari bahwa kunci sukses menjadi guru pencak silat terletak pada semangat belajar tiada henti. Keinginan Kang Rian yang amat kuat untuk memajukan dunia pencak silat ditunjukkan lewat kemauannya mempelajari banyak ilmu penunjang seperti ilmu komunikasi, ilmu psikologi, ilmu gizi, dan ilmu lainnya yang memudahkan dirinya menjalankan peran sebagai guru bagi murid-muridnya. “Disiplin melakukan hal-hal positif dalam hidup akan menjadi faktor pembeda yang akan menentukan kesuksesan hidup seseorang. Jadi, berdisiplinlah dalam hidup.” pungkas pemegang sabuk merah (Satria Taruna) menutup wawancara dengan tim Bogorplus.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com