Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM dan Upaya Membangun Karakter Anak

Foto: Ikhtiar membangun karakter anak melalui program kelas menginap/Dok. KPM

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat - Setiap orang tua mendambakan anaknya berperilaku baik dan perilaku tersebut harus ditumbuhkan. Perilaku baik juga diperlukan untuk masa depan anak-anak kita agar mereka dapat hidup mandiri, disiplin, jujur, suka menolong orang lain, dan diterima oleh lingkungan sosialnya. Tidak mudah untuk membentuk perilaku anak agar sesuai dengan nilai, adab, serta norma yang dianut keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan komitmen dan konsistensi dari orang tua, guru, dan tokoh masyarakat untuk selalu menjadi teladan dalam berperilaku baik.   

Baca juga: 

Ada Apa dengan Reward

Kejutan untuk Siswa Kelas Khusus KPM

Klinik Pendidikan MIPA memiliki program yang unik dan kreatif dalam upaya membangun karakter anak, salah satunya melalui program kelas menginap. Program ini mengharuskan anak-anak melakukan aktivitas secara bersama-sama sesuai dengan kelompok yang sudah diatur khusus oleh tim KPM. Selain melaksanakan olah pikir lewat aktivitas belajar, anak-anak pun dikondisikan untuk melakukan olah hati lewat aktivitas ibadah (shalat berjamaah, shalat tahajud, shalat dhuha, dsb), dan olah fisik lewat aktivitas olahraga.

Foto: Aktivitas ibadah bersama lewat kegiatan tadarus dan hikmah pagi/Dok. KPM

Pada program kelas menginap, anak-anak ditumbuhkan dan diperkuat perilaku baiknya untuk berdisiplin, bersikap sopan santun, mandiri, hormat pada guru, dan bertanggung jawab. Sikap disiplin ditumbuhkan ketika anak-anak harus tidur tepat waktu, bangun tidur tepat waktu, shalat tepat waktu, dan semua kegiatan pada program kelas menginap yang sudah diatur jadwal kegiatannya secara rinci. Siswa KPM yang usianya lebih muda harus memanggil kakak pada siswa KPM yang usianya lebih tua. Adik hormat pada kakak dan sebaliknya kakak harus mengayomi dan membimbing adiknya.

Selain itu, siswa-siswi KPM pun dilatih sikap kemandiriannya untuk tidur sendiri, makan sendiri, mandi sendiri, dan menyiapkan segala perlengkapan sendiri selama mengikuti program kelas menginap. Setiap siswa KPM harus mencium tangan guru atau staf KPM sebagai wujud sikap hormat.  Siswa KPM pun harus bersikap tanggung jawab pada diri sendiri, pada teman, pada guru, dan pada lingkungan sekitar.

Foto: Mengoptimalkan olah fisik dengan berlatih pencak silat/Dok. KPM

Perilaku baik harus dilakukan agar anak-anak bisa merasakan manfaatnya langsung pada diri mereka. Sebaliknya, jika perilaku baik tidak dilakukan, hal ini akan memiliki akibat atau dampak juga pada diri anak-anak kita. Misal, jika mereka disiplin tidur tepat waktu dan bangun tidur tepat waktu, mereka bisa datang ke sekolah secara tepat waktu pula. Hidup mereka lebih terpola dan tertata baik. Berbeda sekali jika mereka berperilaku tak disiplin. Karena tidur terlalu malam karena menonton televisi atau main games, misalnya, mereka kemungkinan besar bangun terlambat. Hal ini bisa berakibat mereka datang terlambat ke sekolah. Jika terlambat ke sekolah, siap-siap saja menghadapi hukuman dari pihak sekolah. Kondisi yang tidak menyenangkan.

KPM memiliki kesadaran penuh bahwa program kelas menginap dan program pembinaan lainnya bagi siswa-siswi KPM merupakan ikhtiar panjang menyiapkan generasi masa depan Indonesia yang cerdas dan berkarakter. Khusus terkait upaya pembangunan karakter anak, hal ini musti dilakukan sejak dini dan dilakukan secara konsisten. Mengapa mesti dilakukan sejak dini? Elia Daryati R. Psi, M. Psi (Hidayati dan Wahyu, 2015) mengibaratkan pembentukan karakter pada anak usia dini seperti membangun rumah, sementara membangun karakter remaja dan dewasa seperti merenovasi rumah. Lebih mudah mana membangun atau merenovasi rumah? Jawabannya tentu lebih mudah membangun rumah dibandingkan merenovasinya. Lebih cepat mana membangun atau merenovasi rumah? Jawabannya tentu lebih cepat membangun rumah dibandingkan merenovasinya. Merenovasi juga menimbulkan banyak luka dan tidak mengubah pondasi yang sudah dibangun dari awal. Biaya yang dikeluarkan juga akan lebih banyak.

Tim Media 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com