Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Aulia UI Choriyah: Menebar Kebermanfaatan lewat Peran menjadi Guru

Foto: Aulia UI Choriyah (pertama dari kanan)/Dok.KPM

Bogorplus.com-Bojonegoro, Jawa Timur - Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Kalimat ini menjadi dasar filosofi bagi Aulia UI Choriyah untuk menjalani pilihan peran hidup menjadi guru. Bagi Bu Guru Aulia, bermanfaat bagi orang lain bisa dengan berbagai cara. “Menjadi guru adalah cara menyenangkan dan sesuai dengan passion saya. Saya juga merasa punya tanggung jawab dengan generasi selanjutnya. Setidaknya, dengan ikhtiar saya menjadi guru bisa turut membangun generasi cerdas dan berkarakter.” tutur Bu Aulia.

Bu Aulia mengisahkan bahwa dirinya sudah bercita-cita menjadi guru sejak duduk di bangku SMP. Meski sering mendengar kisah duka menjadi guru, hal itu tak menyurutkan cita-citanya untuk tetap menjadi guru. “Alhamdulillah sekarang diberi jalan oleh Allah untuk menjadi guru. Bisa berbagi ilmu kepada anak-anak adalah kepuasan tersendiri bagi saya” ujar guru yang biasa disapa Ustazah di lingkungan KPM Bojonegoro.

Seusai lulus kuliah, saya mengikuti event karya ilmiah remaja. Saat itu teman Bu Guru Aulia yang menjadi pengajar di Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bojonegoro memberikan informasi lowongan pekerjaan di KPM sebagai pengajar matematika. Awalnya Bu Guru Aulia ragu karena dirinya ingin mengajar di lembaga formal, bukan lembaga non-formal. Singkat cerita, Bu Guru Aulia memutuskan untuk mencari informasi lebih mendalam tentang sosok KPM. Dari proses penelusuran informasi yang mendalam tentang KPM, Bu Guru Aulia mantap memilih KPM karena di KPM memiliki ciri khas dengan metode Matematika Nalaria Realistik. Alhamdulillah saya bisa ikut semua rangkaian tes dan dinyatakan lolos menjadi guru di KPM Bojonegoro.

Tak ayal, Bu Guru Aulia sangat bahagia bisa berkiprah dan menjadi keluarga besar KPM. Secara fisik, KPM sangat memprioritaskan kesejahteraan guru. Secara batin, mengajar di KP menghadirkan kebahagiaan tersendiri. “Saya belajar hal baru tentang Matematika Nalaria Realistik. Selain itu, relasi yang terbangun di KPM bukan sebatas guru-murid atau guru-orang tua murid, namun kami sudah seperti keluarga. Kita memiliki ikatan emosional yang sangat erat.” ujar Bu Guru Aulia. Hal lain yang sangat penting dan membuat saya makin betah di KPM adalah nasihat dari Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra yang sering dibagikan kepada guru-guru di seluruh KPM cabang. Beliau sering mengingatkan kita tentang cara berpikir suprarasional, melibatkan Allah dalam segala amal perbuatan, dan selalu konsisten menebarkan kebaikan sesuai peran dan posisi kita masing-masing.

KPM dengan mengusung konsep pendidikan seikhlasnya dan berorientasi pada pendidikan adab dan akhlak bisa melahirkan para juara olimpiade matematika dan sains di level nasional dan internasional. Hal luar biasa yang mesti disibak hikmahnya. Semua hal tersebut yang membuat Bu Guru Aulia semakin nyaman dan membuat hatinya adem mengajar di KPM. Insyaallah ada ruh keberkahan di KPM yang membuat KPM akan terus berjaya sepanjang masa. Aamiin.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com