Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Jati Diri Alumni Klinik Pendidikan MIPA

Foto: Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra (RHS) berbagi ilmu dan inspirasi kehidupan kepada Alumni KPM tentang motivasi cara berpikir suprarasional/Dok. KPM

Buku The Greatness Guide (2006) karya Robin Sharma, teman setia kemana pun penulis pergi. Ide tulisan dalam buku tersebut mengangkat hal-hal sederhana, namun berlimpah inspirasi nilai-nilai kebaikan. Dikisahkan dalam buku tersebut, ada seorang wanita mendekati Robin Sharma dengan berurai air mata dan berkata, “Robin, saya sudah membaca semua buku Anda dan mencoba semampu saya untuk menjalani kehidupan seperti yang Anda tulis. Namun ada seorang pria yang benar-benar hidup sesuai dengan tulisan Anda. Ia meninggal beberapa bulan lalu. Ia adalah ayah saya. “Lima ribu orang datang pada saat pemakaman ayah saya”, kata wanita itu. “Seluruh kota ada di sana. Saya merasa sangat tersanjung melihatnya.”

Robin terperanjat mendengar kisah wanita tersebut. “Apakah ayah Anda pebisnis terkenal?” tanya Robin. “Bukan,” jawabnya. “Seorang politisi yang populer?” tanya Robin ingin tahu. “Bukan,” wanita itu berbisik. “Apakah ayah Anda seorang selebritis?” “Bukan, Robin, sama sekali tidak.” “Lalu, kenapa ada 5.000 orang datang saat pemakaman ayah Anda?” tanya Robin.

Wanita itu terdiam lama. “Mereka datang karena ayah saya adalah seorang pria yang selalu memasang senyum di wajahnya. Ia adalah jenis orang yang selalu menjadi orang pertama yang menolong orang yang membutuhkan. Ia selalu memperlakukan orang dengan sangat baik dan selalu sopan. Ia menapaki dunia ini dengan begitu halus. Lima ribu orang datang pada saat pemakaman ayah saya karena ia orang baik.”

Ada sebagian orang menertawakan gagasan tentang menjadi ikhlas, jujur, ramah, sopan, baik, dan berbudi itu sebagai pertanda kelemahan. Penulis pikir tidak. Justru ini adalah tanda kekuatan. Mudah saja untuk bersikap egois. Mudah saja kita marah ketika orang lain tidak setuju dengan kita. Mudah saja kita menyalahkan orang lain atas kesalahan yang terjadi. Namun, butuh ketekunan dan kesabaran untuk mempertahankan sesuatu yang lebih tinggi, untuk berlaku lebih baik, dan memberikan manfaat kepada orang lain. Sosok ayah yang sederhana dan  bisa membuat 5.000 orang hadir di acara pemakaman

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) merupakan lembaga pendidikan yang setia menebarkan nilai-nilai kebaikan. Nilai-nilai kebaikan tersebut harus terus dijaga dan dilestarikan dengan cara diamalkan dalam kehidupan keseharian dan disebarkan kepada banyak pihak. Salah satu proses pewarisan nilai-nilai kebaikan dikomunikasikan kepada para alumni KPM.   

Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra secara khusus menyampaikan pesan kehidupan kepada para alumni KPM di sesi acara ‘Temu Alumni KPM 2019’. Besar harapan KPM, para alumni KPM tetap dapat terikat secara batin dan berkenan untuk menjadi agen-agen kebaikan ketika para alumni KPM melanjutkan studi dan berkiprah di dunia kerja. Berikut ini beberapa nasihat hidup dari Pak Ridwan Hasan Saputra untuk para alumni KPM, di antaranya:

  1. Jadilah orang yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.
  2. Berkomitmen untuk melakukan perubahan dan perbaikan kondisi umat dan bangsa. Jika para alumni KPM hendak berkuliah, jangan diniatkan hanya sekadar untuk mencari kerja. Justru lakukan terobosan terbaru yang bermanfaat untuk umat.
  3. Rajin bersilaturahim. Silaturahim yang paling utama ke KPM. Jika sudah kuliah dan kerja dimana pun, mainlah ke KPM. Ceritakan kiprah dan pengalaman hebat saat kuliah dan bekerja kepada adik-adik di KPM agar mereka termotivasi untuk melakukan hal terbaik seperti kakak-kakak kelasnya di KPM. Kemudian, alumni KPM harus sering berjumpa tokoh-tokoh besar. Dengan sering jumpa tokoh-tokoh besar, secara tidak langsung kita akan mendapatkan inspirasi dan energi positif dari orang-orang hebat tersebut.

Setiap anak-anak Indonesia bisa menjadi alumni KPM. Syaratnya, mengikuti semua proses pembinaan belajar di KPM sampai tuntas. Namun satu hal yang pasti, tak ada kata mudah untuk bisa menjadi alumni KPM yang memiliki jati diri KPM. Cirinya, mereka orang-orang beriman, berilmu, berakhlak mulia, berkomiten menjadi agen perubahan bagi umat dan bangsa, serta rajin bersilaturahim dengan KPM dan orang-orang besar. 

Tim Media 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com