Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Strategi SDIT Assa’adah Optimalkan Kompetensi Guru Matematika lewat MNR

Foto: Pelatihan MNR di SDIT Assa'adah Jakarta/Dok. KPM

Bogorplus.com-DKI Jakarta – Sudah acap kali terdengar bahwa Matematika masih menjadi pelajaran yang sulit bagi kebanyakan orang. Ilmu eksak yang sudah ditemukan sejak 3.000 SM ini memang sering menjadi momok menakutkan bagi pelajar.

Untuk mengatasi fenomena tersebut, lembaga pendidikan SDIT Assa’adah Kalisari, Jakarta Timur mencoba mengangkat tema potret Matematika dari sudut pandang yang berbeda melalui Pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR) bekerja sama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Wakil Kepala Sekolah SDIT Assa’adah, Hendra Winata Kusuma mengatakan bahwa paradigma akan kesukaran Matematika bisa menghambat proses pembelajaran. “Tugas utama seorang guru matematika adalah menggali potensi siswa yang belum memahami matematika. Setelah itu, menunjukan cara yang benar potret belajar Matematika sebagai sebuah permainan yang menyenangkan", katanya.

Pelatihan yang dilaksanakan dalam dua kesempatan ini (15 dan 29 Februari 2020) dihadiri oleh 30 peserta guru internal. Tim Pelatih KPM memberikan inovasi dalam metode pembelajaran Matematika, seperti masalah nyata, pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, serta permainan Matematika.

Hendra menambahkan antusias belajar MNR bukan hanya datang dari kalangan guru saja, tetapi seluruh perwakilan divisi pun turut meramaikan pelatihan tersebut. “Hal ini membuktikan bahwa MNR tak hanya dinantikan kalangan guru dan siswa saja, tetapi profesi lain pun dapat mempelajari MNR,” Ujar Hendra dalam kesempatan wawancara.

“Melalui pelatihan MNR, semoga para guru akan mendapatkan wawasan dan bekal untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengelola pembelajaran Matematika,” pungkasnya.

Komitmen KPM dalam meningkatkan kompetensi guru bukan saja menjadi narasumber pada pelatihan di berbagai lembaga pendidikan, KPM juga menyertakan akses pembelajaran bagi para guru melalui pelatihan intensif selama 4 hari 3 malam di Kantor Klinik pendidikan MIPA (KPM).

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com