Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Klinik Pendidikan MIPA Akan Gelar Kompetisi Matematika Online Se-Indonesia

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengubah ruang berkompetisi bagi dunia pendidikan. Perubahan aktivitas yang biasanya berkerumun massa dalam jumlah banyak, sekarang harus rela melakukan aktivitas belajar dari rumah.

Kabar gembiranya, pelajar Indonesia tidak perlu khawatir, karena kalian masih bisa melakukan rekreasi intelektual dan mengasah kemampuan matematika meskipun #dirumahaja.

Read1 Online Mathematics Competition (ROMC) Se-Indonesia adalah salah satu gebrakan dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) untuk menjawab kebutuhan pelajar Indonesia agar dapat mengasah kemampuan Matematika.

Kepala Divisi Lomba, Muchammad Fachri, mengatakan melalui ROMC 2020, pihaknya berupaya mewadahi pelajar Indonesia untuk tetap mengasah kemampuan Matematika di tengah keterbatasan. “Ajang ini merupakan salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem kompetisi meskipun dengan nuansa yang berbeda bagi pelajar Indonesia,” ungkapnya (21/4).

Dikatakan, ROMC 2020 adalah sebuah kompetisi yang berlangsung secara daring yang diperuntukan untuk siswa dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 12 SMA dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia yang dibagi menjadi 6 level, yaitu, Lower Primary (LP) untuk kelas 1-2 SD, Middle Primary (MP) untuk kelas 3-4 SD, Upper Primary (UP) untuk kelas 5-6 SD, Junior (JU) untuk kelas 7-8 SMP, Intermediate (IM) untuk kelas 9 SMP – 10 SMA, dan Advance (AD) untuk kelas 11-12 SMA.

Kompetisi ROMC akan digelar serentak dan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Mei 2020. Adapun waktu pelaksanaan kompetisi akan berlangsung selama 90 menit dan dibagi dalam dua waktu, untuk kelas 1-6 SD akan berlangsung pada jam 10.00-11.30 WIB dan untuk kelas 7 SMP hingga 12 SMA akan berlangsung pada pukul 13.00-13.30 WIB. Setiap siswa akan mengerjakan soal sesuai dengan levelnya masing-masing.

Sebelum pelaksanaan kompetisi, siswa bisa menjajal soal-soal sebagai latihan secara GRATIS yang akan dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 30 April hingga 3 Mei 2020.

Dikarenakan berbentuk Darling (Online), para peserta wajib menggunakan fasilitas laptop atau HP yang terkoneksi dengan jaringan internet agar dapat terhubung dengan laman (website) yang sudah disediakan untuk mengerjakan soal nantinya.

“Untuk Pendaftaran, para peserta bisa mengunjungi halaman website www.kpm.read1institute.org dan biaya mengikuti kegiatan ini adalah seikhlasnya sesuai kemampuan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada banyak siswa agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan ROMC. Selain itu, yang menarik dari kompetisi ini adalah hadiah bagi para peraih 10 terbaik di masing-masing level, yaitu pembinaan olimpiade yang akan dilaksanakan di Bogor oleh Bapak Ridwan Hasan Saputra sebagai salah satu pelatih nasional dan internasional olimpiade matematika di Indonesia bersama tim KPM. Adapun untuk hadiah utamanya adalah berkesempatan mengikuti kompetisi internasional (di negara ASEAN) secara gratis,” jelas Fachri.

Wah kapan lagi bisa dapet hadiah berkali-kali lipat kayak gini? Daftarkan diri kalian dan raih manfaatnya! Narahubung 0812.8546.962

 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com