Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Bosan #DiRumahAja? Coba Main “Physical Distancing” Bareng Keluarga

 Foto: Papan Permainan Physical Distancing Cartesian Game/Dok. KPM

Bogorplus.com-Bogor-Jawa Barat – Berada di rumah saja selama masa physical distancing, memang terkadang membosankan, apalagi jika harus berhari-hari lamanya. Kendati demikian, kita harus mematuhi aturan tersebut demi memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 yang tengah menyerang manusia.

Nah, biar aktivitas dirumah nggak bikin bosan, sahabat bisa cobain permainan seru ini bareng keluarga, Ajak adik, kakak, orang tua agar main bersama. Dijamin masa physical distancing kalian akan terasa lebih menyenangkan. Permainan tersebut bernama Physical Distancing Cartesian Game (PCG).

PCG memberikan praktek langsung pentingnya menjaga jarak untuk menghindari penyebaran Covid-19, sehingga seseorang yang memainkan PCG akan menjadi lebih mudah memahami.

Permainan yang digagas oleh Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra ini terlihat cukup sederhana. Di dalam paket permainan telah disediakan papan permainan Physical Distancing Cartesian Game ukuran 19 kotak x 19 kotak, 2 (dua) buah dadu, Kancing manusia (4 butir) dan kancing virus (5 butir).

Meskipun terlihat sederhana, permainan PCG ini dapat membangkitkan kreativitas berpikir pada pemainnya. Karena Permainan PCG menggunakan konsep grafik cartesius sebagai muatan nilai matematikanya dan memberikan simulasi sederhana kepada siswa untuk menekankan pentingnya menjaga jarak untuk menghindari penyebaran virus.

Cara bermain PCG ini cukup terbilang mudah. Pada dasarnya, permainan ini menjelaskan tentang pergerakan manusia agar sebisa mungkin tidak melewati daerah virus atau dilewati oleh virus itu sendiri, serta tidak berdekatan dengan manusia lain yang terjangkit virus. Sedangkan penerapan dari grafik cartesius, yakni bergerak terlebih dahulu sejajar sumbu X (kanan atau kiri) lalu dilanjutkan dengan bergerak sejajar sumbu Y (atas atau bawah).

Saat proses bermain, PCG dimainkan oleh 1 orang sebagai kancing virus, dan 2 sampai 4 orang lainnya sebagai kancing manusia. Serunya, para pemain bisa dimainkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan sebisa mungkin tidak boleh berinteraksi atau menjaga jarak dengan yang terjangkit virus. bahkan mereka bisa sampai tahan nafas saat melempar dadu ketika mendapat giliran, lho. Lalu, saat ada yang tejangkit virus,  tak pelak suara gelak tawa pun akan membahana.

Kemudian, teknis permainannya adalah kancing manusia (pergi dari titik start menuju ke wilayah aman). Sedangkan kancing virus (mengganggu perjalanan kancing manusia sehingga terjangkit virus). Nah, pemenang dalam permainan ini adalah jika kancing manusia bisa masuk ke wilayah aman. Sedangkan bagi kancing virus bisa menjangkit semua kancing manusia.

Nah, buat sahabat yang sedang menghabiskan waktu #DiRumahAja bersama keluarga, yuk lengkapi keseruan aktivitas di rumah dengan Physical Distancing Cartesian Game (PCG) dan permainan edukasi lainnya. Cara mendapatkannya sangat mudah, kalian cukup kunjungi aplikasi Tokopedia, Shopee KPM Mart atau hubungi 0812 8458 5755. Selamat bermain dan tetap jaga kesehatan, yah!

Tim Media

SIMAK TESTIMONI SETELAH BERMAIN PCG

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com