Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM Ajak Pelajar Perkuat Literasi Sains Lewat ROSC

Sumber foto: www.freepik.com

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Sebagai bangsa yang besar, sudah sepatutnya Indonesia harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21. Penguasaan enam literasi dasar yang telah disepakati Word Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting bagi peserta didik. Salah satu di antara enam literasi dasar yang perlu dikuasai adalah literasi sains.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Ridwan Hasan Saputra (RHS) sebagai salah satu pemerhati pendidikan turut andil guna mendukung penguatan literasi sains. Langkah konkret yang kini digagas RHS adalah mengajak para pelajar kelas 4 SD – 11 SMA untuk mengikuti Read1 Online Science Competition (ROSC). Kompetisi perdana yang  digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan diselenggarakan pada Minggu (26/7/20) dengan biaya pendaftaran seikhlasnya (sesuai kemampuan).

Gelaran ROSC tidak hanya memberikan kesempatan para pelajar untuk mengikuti kompetisi, tetapi yang jauh lebih penting adalah menstimulus para pelajar agar memiliki pemikiran inovatif dan kreatif. Sebab, soal-soal yang akan disajikan berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dalam metode pembelajaran di KPM lebih dikenal dengan istilah Sains Nalaria Realistik (SNR).

Ina Ana Khoeriah selaku Litbang KPM mengatakan, ROSC merupakan langkah konkret agar siswa mampu mengidentifikasi masalah, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan mengambil kesimpulan berdasarkan bukti-bukti.

Ina menambahkan ikhtiar yang dilakukan KPM merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya membentuk generasi muda yang berkarakter dan berilmu pengetahuan agar dapat menjadi aset berharga di masa depan.

Pada pelaksanaan ROSC nanti, para siswa akan berkompetisi melalui metode daring (online). Adapun waktu pelaksanaan kompetisi akan berlangsung selama 90 menit. Setiap siswa akan mengerjakan soal sesuai dengan levelnya masing-masing. Sebelum pelaksanaan kompetisi, siswa bisa mengikuti latihan secara gratis yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni, pada tanggal 18 dan 19 Juli 2020.

Untuk informasi & pendaftaran, para peserta bisa langsung mengunjungi laman www.kpm.read1institute.org atau menghubungi 0812.8546.962

Tim Media 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com