Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Klinik Pendidikan MIPA akan Gelar Lomba Literasi STEM

Foto: Ilustrasi asesmen || sumber: Freepik

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Permasalahan yang dihadapi Indonesia yakni penguasaan literasi yang dibuktikan melalui survei Programme for International Student Assessment (PISA) menjadi pekerjaan rumah besar. Pada tahun 2018 skor PISA Indonesia untuk Matematika berkisar di angka 379 dan sains di skor 396.

Hasil studi tersebut juga mengerucut pada satu kesimpulan, siswa Indonesia tak cakap bernalar dan belum terbiasa menyelesaikan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Belajar dari hasil studi PISA, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan menggelar Lomba Literasi STEM secara daring pada Minggu, 7 Februari 2021 mendatang. Literasi STEM (Science Technology, Engineering, & Mathematics) adalah kemampuan untuk mampu membaca, menganalisis, memahami dan memecahkan masalah soal yang terintegrasi pada mata pelajaran Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika.

Wakil Kepala Litbang KPM, Ina Ana Khoeriah mengatakan bahwa tujuan lomba ini agar siswa mampu dan terlatih menyelesaikan soal berbasis HOTS.

“Harapannya, KPM bisa turut serta berpartisipasi membantu pemerintah meningkatkan kemampuan peserta di berbagai bidang studi baik numerisasi maupun literasi STEM itu sendiri,” kata Ina dalam keterangan pers.

Ina menambahkan, kemampuan ini penting di miliki siswa di era pendidikan serba digital. Sehingga diharapkan tidak hanya mampu menguasai dalam satu bidang studi, tetapi berbagai aspek bidang untuk lebih mampu bersaing di era globalisasi.

Adapun peserta yang dapat mengikuti lomba ini adalah siswa kelas 4 SD hingga 12 SMA. Biaya lomba ini yakni seikhlasnya (sesuai kemampuan). Bagi peserta yang berminat, silakan daftar melalui laman www.kpm.read1institute.org. Sebelum kompetisi, KPM juga akan menggelar try out pada tanggal 6 Februari 2021.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com