Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Perkuat Literasi, Numerasi, dan Karakter, KPM Gagas Uji Soal Matematika Suprarasional

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Hasil survei PISA 2018 menempatkan Indonesia berada di urutan ke-74, alias peringkat keenam dari bawah, ketekunan dan pemahaman berliterasi, mulai baca tulis, digital, dan numeral masih rendah.

Rasa hirau kita patut terusik dengan kenyataan hasil PISA, karena kecakapan berliterasi merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan sebagai salah satu prasyarat untuk mewujudkan kecakapan hidup abad 21.

Permasalahan belum meratanya kesempatan untuk mengakses bahan literasi di dalam negeri, disinyalir menjadi penyebab utama. Sebagai contoh, orang yang tinggal di kota besar seperti DKI Jakarta dan kota-kota besar yang dilengkapi segala fasilitas penunjang internet, lebih mudah mengakses bahan literasi dibandingkan di tempat lain.

Upaya meningkatkan kemampuan literasi anak-anak Indonesia tentu menjadi tanggung jawab kita bersama. Bak gayung bersambut, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menyampaikan komitmennya melalui program yang bertajuk Uji Soal Matematika Suprarasional.

Adapun keunikan dari program yang digelar lembaga nirlaba ini adalah menerapkan konsep biaya seikhlasnya dan/atau pakai doa. Sehingga siapapun dapat ikut serta dan KPM menerima permintaan dari sekolah untuk seluruh siswanya.

Foto: Presiden Direktur KPM, Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si

Presiden Direktur KPM, Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si. mengatakan bahwa Uji Soal Matematika Nalaria Realistik sudah biasa diikuti oleh siswa dari kelas SD hingga SMA sejak tahun 2016 hingga 2020. Pada tahun 2021, KPM mengubah namanya menjadi Uji Soal Matematika Suprarasional.

“Kenapa kami ubah? Karena kami akan memasukkan nilai-nilai karakter, adab dan akhlak, serta keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Di era pandemi ini dan di masa depan, kedekatan kepada Yang Maha Kuasa menjadi faktor penting dalam keberhasilan hidup,” ungkap Ridwan dilansir dari laman Channel YouTube KPM Seikhlasnya.

Peraih Tokoh Perubahan Republika 2013 ini menambahkan bahwa Uji Soal Matematika Suprarasional ini tidak hanya hanya melatih kecapakan bernalar saja. Tetapi juga akan menitikberatkan pada nilai karakter dalam rangka memenuhi Asesmen Kompetensi Minimum. “InsyaAllah Uji Soal Matematika Suprarasional akan berhubungan juga dengan Asesmen Kompetensi Minimum,” pungkas RHS.

Perlu diketahui bahwa Uji Soal Matematika Suprarasional ini merupakan upaya KPM dalam mendukung program pemerintah untuk memenuhi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM dirancang untuk mengukur literasi membaca dan literasi Matematika atau yang disebut Numerasi dengan materi soal Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Aljabar, Data dan Ketidakpastian.

Asesmen literasi membaca bertujuan untuk mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan asesmen numerasi bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

Informasi & pendaftaran Uji Soal Matematika Suprarasional dapat hubungi KPM Pusat (0813.1034.3400) atau kunjungi laman https://www.kpm.read1institute.org/

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com