Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KMS, Kompetisi Matematika Terbesar & Pertama Terintegrasi Karakter

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat--Generasi Y atau yang akrab dikenal dengan sebutan generasi milenial digadang-gadang sebagai penerus tonggak kepemimpinan bangsa. Di sisi lain begitu besarnya harapan kepada mereka, terdapat persoalan yang diindikasikan menjadi sebab impian tersebut tak akan terwujud.

Adalah krisis karakter dan prestasi  yang menjadi permasalahan bagi anak bangsa termasuk generasi Y di dalamnya. Mirisnya, perilaku hedonisme tersebut mengubah pola pikir generasi milenial dari berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan.

Menggali lebih dalam kondisi pendidikan Indonesia, Hasil PISA 2018 tunjukkan bahwa Indonesia mengalami penurunan terhadap tiga kompetensi yaitu kekuatan membaca, Matematika, dan juga Sains. Skor kekuatan membaca Indonesia terhadap PISA 2018 adalah 371, skor sementara kekuatan Matematika dan Sains berada di urutan 379 dan 396.

Dalam rangka mengatasi persoalan tersebut, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan menggelar perhelatan Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) Ke-16 dengan biaya seikhlasnya (sesuai kemampuan) yang akan digelar secara daring. Pelaksanaan KMS dibagi dalam dua babak, yakni Babak Penyisihan (18 April 2021) dan Babak Final yang akan digelar pada 30 Mei 2021.

Diketahui, KMS sebelumnya dikenal dengan nama Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) yang merupakan salah satu lomba terbesar yang diikuti ratusan ribu siswa SD hingga SMA dari seluruh Indonesia. Pada penyelenggaraan ke-15 (tahun 2020) lalu dimulai sejak tahapan Uji Soal MNR (tingkat sekolah).

Tercatat, pada seleksi tingkat sekolah, periode September-Oktober 2019, lebih dari 400 ribu pelajar mengikuti tahapan Uji Soal MNR. Sedangkan untuk Babak Penyisihan (tingkat Kota/Kab) diikuti lebih dari 130 ribu peserta, Babak Semifinal (tingkat Provinsi) diikuti 46.450 peserta, dan di Babak Final (tingkat nasional) diikuti 2.629 peserta dan untuk pertama kalinya Babak Final KMNR 15 digelar secara online karena pandemi Covid-19.

Pada tahun 2021, KMNR bertransformasi menjadi KMS. Presiden Direktur KPM, Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si menjelaskan, KMNR event yang selalu ditunggu pelajar Indonesia. “Alhamdulillah kompetisi ini masih bertahan sampai sekarang. Sesuai dengan perkembangan zaman, InsyaAllah Kompetisi Matematika Nalaria Realistik diubah namanya menjadi Kompetisi Matematika Suprarasional,” ungkap Ridwan HS, dilansir dari tayangan video Channel YouTube KPM Seikhlasnya.

Perubahan nama tersebut bukan tanpa alasan, Ridwan menjelaskan di masa sekarang tidak hanya butuh anak kuat dalam bernalar, tapi butuh anak-anak yang nalarnya kuat dan karakternya baik. “Oleh sebab itu, dalam kompetisi (KMS) ini kita akan memasukkan soal-soal yang berhubungan dengan karakter dan akhlak. Supaya harapannya, para juara lomba ini adalah anak-anak yang sholeh sekaligus pintar,” jelas RHS.

Pendaftaran KMS telah dibuka hingga 16 April 2021. Sebelum kompetisi dimulai akan digelar Try Out pada tanggal 15-17 April 2021. KMS diperuntukkan bagi siswa kelas 1 SD hingga 12 SMA/sederajat. Informasi & Pendaftaran hubungi 0813.1034.3400 atau kunjungi laman https://www.kpm.read1institute.org/

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com