Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Ratusan Guru SD hingga SMA Bersaing di Ajang Olimpiade Guru Matematika

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menggelar perhelatan bertaraf nasional yang bertajuk “Babak Penyisihan Olimpiade Guru Matematika (OGM) ke-6 se-Indonesia”.  Perhelatan yang menerapkan konsep biaya seikhlasnya ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para guru.  Sebanyak 600 lebih guru dari tingkat SD hingga SMA turut ambil bagian dalam perhelatan yang dilaksanakan secara daring pada hari Minggu (18/4/21).

OGM ke-6 se-Indonesia merupakan ajang tahunan bagi para guru SD hingga SMA untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, motivasi, kompetensi, dan profesionalisme dalam mengajarkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya bidang matematika.

Kepala Divisi Pendidikan, Pelatihan & Lomba KPM, Herman Hadiwijaya mengatakan, tugas pokok seorang guru adalah belajar dan mengajar, namun kenyataannya proses belajar ini terkadang kurang mendapat perhatian.  “Hadirnya OGM ke-6 ini diharapkan dapat memotivasi para guru akan pentingnya belajar dan mengasah kemampuan guna mempersiapkan diri untuk menghasilkan output yang terbaik.  Sehingga secara tidak langsung OGM ini dapat menjadi wadah guna untuk meningkatkan kemampuan secara akademik di bidang matematika,” ujarnya.  Di samping itu, Herman menambahkan, para guru yang sudah berkompetisi di ajang ini dapat menularkan jiwa positif kepada para siswanya untuk terus meningkatkan kemampuan, khususnya di bidang numerasi yang selama ini jadi momok dalam pendidikan nasional.

Sementara itu, perhelatan tahunan KPM ini pun disambut positif oleh para peserta.  Kusyanti, Guru SD Muhammadiyah Kutoarjo mengaku senang bisa berpartisipasi mengikuti OGM ke-6. “Banyak hal baru yang dapat kita pelajari terutama soal-soal yang menantang dan bisa bergabung dengan grup orang-orang hebat di bidang matematika untuk saling berbagi ilmu,” ungkapnya.  Ia pun berharap semoga ilmunya dapat membantu menyelesaikan masalah dalam matematika dengan cara bernalar dan mudah.  Antusiasme guru mengikuti OGM ke-6 tak hanya dari Indonesia saja, tetapi juga dari Masayuki Nugroho, guru Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Malaysia.  Ia pun merasa tertantang setelah mengerjakan soal dan berharap bisa mengundang tim KPM untuk membina guru-guru di sekolahnya.

Sebagai lembaga yang fokus bergerak dalam bidang pendidikan, KPM senantiasa menghadirkan kegiatan untuk meningkatkan dan melatih kompetensi siswa serta guru.  Dalam waktu dekat, KPM akan menggelar beberapa perhelatan bertaraf nasional dan internasional, di antaranya Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR), Olimpiade Guru Sains (OGS), International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC), Read1 Online Competition (ROC) Family, International Mathematics Assessment for Schools (IMAS), Indonesia International Mathematics Competition (IIMC).

Adapun informasi seputar kegiatan KPM lainnya dan pengumuman hasil babak penyisihan KMS ke-16 akan diumumkan pada hari Jumat, 23 April 2021 pukul 16.00 WIB melalui laman https://www.kpm.read1institute.org/

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com