Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM Gelar Kompetisi Matematika Tertua dan Terbesar di Dunia

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menggelar kompetisi Matematika internasional bertajuk “Internasional Kangaroo Mathematics Competition (IKMC) pada Minggu (2/5/21).

Kompetisi yang diikuti 2.417 peserta ini merupakan kompetisi Matematika terbesar dan tertua di dunia. Ada enam kategori level peserta yakni, Pre-Ecolier (1-2 SD), Ecolier (3-4 SD), Benjamin (5-6 SD), Cadet (7-8 SD), Junior (9 SMP-10 SMA), dan Student (11-12 SMA).

International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) adalah sebuah kompetisi Matematika Internasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991 oleh Association Kangourou Sans Frontières yang diikuti lebih dari 92 negara. Pada tahun 2021 ini KPM kembali dipercaya sebagai penyelenggara tunggal di Indonesia. Sebelumnya, pada tahun 2020 KPM juga menjadi tuan rumah pertama kalinya.

Kepala Divisi Pelatihan, Lomba, dan Pendidikan KPM menyampaikan “Kami bersyukur untuk dapat menghadirkan kembali IKMC di Indonesia. Kami harap IKMC 2021 dapat menjadi wadah bagi para penggemar Matematika untuk mempelajari keterampilan baru, menumbuhkan kecintaan terhadap mata pelajaran Matematika serta mengajak para siswa untuk belajar mengenai nilai-nilai pantang menyerah, jujur, dan menjunjung tinggi sportivitas," kata Herman.

Meskipun harus dilakoni secara daring (online), perhelatan IKMC tetap disambut antusias peserta, Eugenie Tania Nyoman. “Excited sekaligus nervous karena baru pertama kali partisipasi dalam lomba online. Menambah logika matematika dan juga menerapkan perilaku jujur,” kata siswi IPH Schools Surabaya (West Campus).

Sementara itu, menurut Raihan Akhtar Gunawan, “Bagus, karena mengasah kemampuan dalam menghadapi soal matematika dalam bahasa inggris. Jadi, semakin termotivasi mengasah kemampuaan dalam berpikir menghadapi soal yang bervariasi,” ungkapnya.

Adapun pengumuman hasil IKMC Online 2021 akan disampaikan pada Kamis, 6 Mei 2021 pukul 16.00 WIB melalui laman www.kpm.read1institute.org. Saat ini KPM yang berpusat di Kabupaten Bogor akan menggelar kompetisi internasional lainnya, yakni Indonesia International Mathematics Competition (IIMC) 2021. Informasi pendaftaran dan pelaksanaan seleksi tahap 1 silakan akses laman https://www.kpm.read1institute.org/

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com