Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM Gelar ROC Science, Jadi Jembatan Penguatan Literasi Sains

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa 70% siswa Indonesia tidak mampu mencapai level 2 pada framework PISA. Hasil siswa Indonesia sangat mengkhawatirkan. Padahal, secara rata-rata hanya sekitar 23% siswa di 79 negara peserta PISA yang tidak mampu menguasai kemampuan membaca level 2.

Tingkat literasi yang rendah merupakan masalah mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa karena sebagian besar keterampilan dan pengetahuan yang lebih mutakhir diperoleh melalui kegiatan membaca. 

Kondisi tersebut kian diperparah dengan kualitas pembelajaran menurun, berkurangnya jiwa bersaing, dan minimnya mengasah kemampuan akibat dampak pandemi. Sebagai wujud kepedulian terhadap mutu pendidikan di Indonesia, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berupaya turut andil dengan menggelar event terbaru yakni, Read1 Online Competition (ROC) Science pada hari Minggu, 27 Juni 2021 mendatang.

 “ROC Science dihadirkan sebagai wujud kepedulian KPM untuk memajukan taraf pendidikan dan memberikan fasilitas-fasilitas pelayanan pendidikan,  lomba maupun pelatihan  sebagai wadah siswa-siswi mendapatkan ilmu pengetahuan dan karakter yang baik,” ungkap Ina Ana Khoeriah, Kepala Litbang KPM dalam keterangan yang diterima.

“ROC Science menghadirkan atmosfer baru dalam berkompetisi untuk para pecinta Sains dan mendukung kemampuan memecahkan masalah soal-soal yang bersifat nalar. Selain itu, dengan mengusung biaya pendaftaran seikhlasnya bisa menambah daya tarik siswa SD hingga SMA untuk ikut serta tanpa terkendala jarak dan biaya ” tambahnya.

Keunikan soal ROC science ini disuguhkan tidak hanya dalam bahasa Indonesia tetapi dalam bahasa inggris pula. Hal ini yang akan memicu peserta merasakan tingkat kesulitan soal-soal yang bertaraf internasional yang harus diselesaikan dengan cara memahami dan menganalis maksud dari soal tersebut.

Informasi dan pendaftaran, silakan akses laman https://www.kpm.read1institute.org/

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com