Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Mau Berkompetisi Matematika dengan Siswa Se-Asia? Yuk Ikuti AMO

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Klinik Pendidikan MIPA bekerja sama dengan Mathematics Olympics Committee (Japan) mengggelar kompetisi Matematika internasional bertajuk “2021 Asia Mathematics Olympiad” yang akan berlangsung pada tanggal 13 Juni 2021 mendatang secara daring (online).

“Asia Mathematics Olympiad” (AMO) adalah kompetisi internasional yang diadakan setiap musim panas sejak tahun 1991. Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan siswa kesempatan menunjukan bakat mereka dalam Matematika. Lebih dari 180.000 siswa dari negara-negara seperti Jepang, Tiongkok, Hong Kong, Korea Selatan, Singapura, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Iran telah berpartisipasi dalam kompetisi ini sampai sekarang. Asia Mathematics Olympiad di Asia Tenggara diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 2017.

Kepala Divisi Lomba, Pelatihan, dan Pendidikan KPM, Herman Hadiwijaya, mengatakan bahwa pihaknya melihat antusiasme pelajar Indonesia terhadap kompetisi Matematika semakin tinggi di masa pandemi, khususnya bidang Matematika.

“Di masa pandemi ini, kita dituntut senantiasa menjaga imun agar tetap sehat. Selain menjaga imun, olah akal juga tak kalah penting. Makanya KPM mengundang pelajar Indonesia untuk asah kemampuan melalui ajang AMO,” terang Herman.

AMO dibagi menjadi 3 kategori kompetisi. Pertama, Bee/Pemula (Grade 1-3) usia 9 tahun dan/atau ke bawah. Kedua, Junior (Grade 4-5). Tingkat ini cocok untuk siswa yang berusia 11 tahun ke bawah. Tingkat kesulitan dioptimalkan setara dengan siswa kelas 4 di Jepang. Ketiga, Senior (Grade 6). Tingkat ini ditargetkan bagi siswa usia 12 tahun ke bawah dengan tingkat kesulitan dioptimalkan setara dengan siswa kelas 5 di Jepang.

Buat Sahabat yang mengikuti ajang ini, pasti merasakan banyak manfaatnya. Penasaran apa saja keuntungan dari ajang AMO? Pertama, soalnya dari Jepang. Jadi, bisa merasakan kompetisi yang dilaksanakan untuk siswa-siswa di Jepang. Kedua, soal-soal disajikan dengan kemampuan analisis tingkat tinggi.

Untuk mengikuti kegiatan ini, peserta harus melalui tahapan Preliminary Round  pada tanggal 30 Mei 2021. Adapun untuk biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,- (sampai 22 Mei 2021) atau Rp125.000,- (periode 23-27 Mei 2021). Pendaftaran dilakukan melalui laman https://www.kpm.read1institute.org/ unduh brosur di sini

Adapun soal yang akan disajikan pada tahapan Preliminary Round dalam bentuk pilihan ganda. Sedangkan babak Round 1 dalam bentuk isian singkat. Saatnya asah kemampuan kalian berkompetisi Matematika bersaing dengan siswa terbaik dari Asia!

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com